Sabtu, 30 April 2005

Piccolo Majunior

Buta Hijau #4

piccolomovieSempat tersiar kabar angin yang cukup mengejutkan, bahwa Dragonball tercantum di IMDB akan dibuat versi Hollywoodnya oleh Fox untuk tahun 2007.
Sumber pengedar animasi DB, Funimation menyangkal adanya kesepakatan tersebut.

Walaupun demikian, kabar ini terus merebak dan mendapat dukungan, harap-harap cemas, dan bahkan tuntutan dari berbagai lapisan penggemar di Amerika.
Apalagi sempat tersebar poster seperti di atas, tertanggal December 2003, bertuliskan:
The most wanted event on the 21st century...
He came down on the earth to become our good and evil
.
Huahaha siapa yang buat tuh (^-^). Benar-benar intriguing apalagi bagi penggemar habis sepertiku. Tapi yaaah kok wajahnya seakan sudah tua? Piccolo kan makhluk yang hidup ribuan tahun, dan sejak kelahirannya kembali, seharusnya ia baru beranjak remaja (???)

piccoloapplepiccolobabypiccolocardBisa dibilang, makhluk satu inilah yang paling pertama kali membangkitkan rasa ingin tahuku terhadap bahasa Jepang. Tersebutlah di masa anak sekolahan masih boleh tachiyomi (baca berdiri) di Gramedia, di sana mata tertumbuk pada lembaran yang sedang dibaca orang yang berdiri di sebelah (dasar tukang ngintip)...
Sosok bermantel bersorban melayang mengamati seekor anak kecil terdampar di gunung karang menyantap apel asam...

Tak ingin membaca loncat, aku pun tabah mengurut DB dari awal, dan mulai tenggelam dalam cerita sejak raja iblis tua bereinkarnasi melalui telur yang dimuntahkan lewat mulut (uuu menjijikkan tapi lucu benar).

Penasaran ingin tahu isi kartu-kartu bergambar yang dipertukarkan di antara anak-anak, aku mulai mengulik katakana dan hiragana. Huruf pertama yang kuhafal tentu saja 「ドラゴンボール」dan「ピッコロ」...
Si telinga runcing yang kalau anggota badannya copot, bisa segera tumbuh seperti kadal ini ternyata memegang peranan penting dalam keberadaan mustika naga itu sendiri, sehingga termasuk jajaran tokoh utama yang tak dapat diabaikan.

picgohdollCerita punya cerita, ia terpaksa bekerja sama, bahkan mendidik putra saingannya ilmu bela diri agar dapat ikut sumbang tenaga menghadapi ancaman dari luar angkasa terhadap bumi. Interaksi dalam pelatihan melunakkan hatinya, sedemikian sayang sampai-sampai rela mengorbankan diri demi melindungi si murid.
piccolodeathDan mungkin inilah adegan paling mengharukan dan memeras air mata dalam sejarah DB... Mendorong para penggiat doujinshi untuk terus eksplorasi tema antara mereka berdua (ada yang hentai juga, gila, gak perlu tahu lah), seperti dikumpulkan di sebuah situs khusus untuk Gohan dan Piccolo...

piccolositterAsyiknya kisah fantasi, setelah melalui berbagai petualangan seru, tentu saja ia berhasil dihidupkan kembali oleh sang murid yang juga merupakan pengagum setia. Dan tanpa mengindahkan kehidupannya yang cenderung asosial dan mengisolasi diri, orang-orang di sekitar selalu memperpercayainya mengasuh anak-anak... Tegas dan bertanggung jawab, sih.

piccolofashionIa berasal dari bangsa yang terancam kepunahan, namun sesungguhnya bernaluri ramah, damai dan cinta lingkungan... Satu hal lagi yang patut dicatat, mantel dan sorbannya bukan dipakai sekedar untuk menyembunyikan jati diri, melainkan juga bukti selera mode yang tinggi. Ia bahkan menegur murid tersayang ketika memakai baju kamuflase norak super saiyaman. (^-^)

piccolorefereeTokoh bola naga dengan sifat menarik ini cukup beken juga di kalangan penggemar sepak bola, sampai-sampai wasit pada pertandingan final piala dunia FIFA 2002 antara Jerman melawan Brazil, didandani secara digital sebagai Piccolo.

Jumat, 29 April 2005

Buta Hijau




Hari Hijau 「緑の日」
Hijau, dalam setiap tempat dan saat yang berbeda, memiliki aneka ragam nama dan makna.
Dalam beberapa kebudayaan sering dianggap hanya satu dari sekian banyak nuansa biru. Warna hijau, akan menghubungkan pikiran kita pada:
  • Makhluk halus: buto ijo, ratu dan roro kidul;
  • Lambang fengshui: naga air penjaga gerbang timur 「青龍」;
  • kekanak-kanakan: masih hijau = mentah, ingusan;
  • Rambu-rambu petunjuk jalan: lampu hijau;
  • kamuflase penyamaran tentara;
  • kapitalisme uang sebagai warna dollar, tamak = mata hijau;
  • gerakan lingkungan pada greenpeace dan green parties,
  • dan: panji-panji Islam
    (yang mungkin mulai ditinggalkan karena terlalu umum, buktinya PKS tidak menggunakan warna ini? tohoho).

Hijau bergelombang cahaya sedang, sehingga paling nyaman di mata, sampai ada hadits nabi mengenai hijau yang alami.
Pada kenyataannya, klorofil pada dedaunan justru bertugas "menolak" warna hijau dari cahaya matahari, karena mereka hanya membutuhkan gelombang panjang dan pendeknya untuk berfotosintesis.

Bahwa bambumuda memanfaatkan desain bernuansa hijau, sesungguhnya bukan berarti tergila-gila pada warna ini. Sejujurnya aku suka semua warna, pelangi, hitam putih coklat kelabu. Tumbuhan bambu pun tidak semua berwarna hijau, bahkan ada yang ungu.

Namun hijau, bagiku pribadi adalah perwujudan idola kesayangan. Ada apa dengan mereka ya? Sampai disangka sakit karena pucat begitu. Apakah karena bermasalah dengan EMPEDU? (^^;



Midori no hi = Hari Hijau.
Warisan dari ulangtahun kaisar Showa (Hirohito), walaupun beliau telah wafat, demi terjaganya Golden Week, hari ini tetap dipertahankan sebagai hari libur untuk memperingati lingkungan (mumpung berdekatan dengan Hari Bumi, dan mengenang kaisar yang gemar bercocok tanam).
Pada 2007, hari ini akan digeser ke tanggal 4 Mei (libur kejepit nasional di Jepang) sementara tanggal 29 April akan menjadi "Hari Showa". Libur ulang tahun kaisar yang sekarang adalah tanggal 23 Desember (natal tanggal 25 malah bukan libur nasional Jepang, walaupun banyak kantor dan sekolah yang meliburkan diri)





Buta Hijau #7

kermit1
It's not that easy being green
Having to spend each day the color of the leaves
When I think it could be nicer
being red, or yellow or gold
Or something much more colorful like that


kermit4
It's not easy being green
It seems you blend in
with so many other ordinary things
And people tend to pass you over
Cause you're not standing out
Like flashy sparkles in the water
Or stars in the sky


kermit3
But green's the color of spring
And green can be cool and friendly-like
And green can be big like an ocean,
Or important like a mountain,
Or tall like a tree


kermit2
When green is all there is to be
It could make you wonder why,
but why wonder why
Wonder, I am green and it'll do fine,
it's beautiful
And I think it's what I want to be


(Lagu ini jangan disamakan dengan parodi Superfrog: It's not Easy Being Green, yang sebenarnya lucu juga)

kermit5Kermit, sutradara panggung, wartawan, dan pekerja lepas dari berbagai bidang media, adalah alter ego dari almarhum Jim Henson, pencipta The Muppets (yang kini sudah resmi diakuisisi oleh Disney).
Si kodok hijau satu ini adalah seekor realis, terbukti dengan sebuah lagunya lagi yang berjudul The Rainbow Connection...
Dia juga pemikir cerdas dan orator handal, terbukti dengan pidato mengenai lingkungan di wisuda Southampton (lengkap dengan rekaman, dijamin menarik, sila dengar di situ)...
***

Rekan hijaunya yang lain adalah seekor environmentalist bernama Oscar the Grouch. Ia hidup dari daur ulang, berumah di tong sampah dan memelihara seekor cacing mungil Slimey. Sikap uring-uringan, cerewet namun cerdas dan tepat sasaran membuatnya menjadi salah satu tokoh paling menggemaskan di Sesame Street. Nama yang identik dengan piala bagi sineas Amerika pun menambah nilai ketenarannya.
grouchawardoscargrouch


Little Green Men


Buta Hijau #11

lgmtsKabarnya istilah "orang-orang hijau kecil" itu menjadi stereotipikal makhluk luar angkasa, seperti dikisahkan dalam the x-files atau cult ufo lainnya.
Little Green Men Novel
Little Green Men Comics

lgmsoldiersDalam Toy Story, istilah itu ditujukan pada barisan tentara mungil yang membantu Woody memata-matai tuan mereka... Tapi ada juga makhluk di UFO catcher yang malah menyangka bahwa justru manusialah alien yang menculik mereka satu persatu...

et Mengapa harus hijau yah? Toh sehijau-hijaunya, ia gak bakal bisa berfotosintesis seefektif tumbuhan seperti diperhitungkan di sini. Apakah karena menurunkannya dari khayalan leluhur tentang elf?

Tapi E.T. extraterrestrial versi Spielberg yang beken itu malah tidak hijau.

Makhluk luar angkasa hijau versi dragonball yang ganteng si Piccolo, malah tinggi besar.

jedikermitKalau mau makhluk luar angkasa yang hijau dan kecil, di Star Wars kali ya? Master of the Jedi yang bijaksana dan jagoan neon (baca:lightsaber)...
... Eh salah bukan yang itu >>>>>

Master Yoda memang selama ini diperankan oleh salah seorang ahli boneka Muppets, Frank Oz, sebelum beralih ke animasi komputer.

Yang khas adalah gaya bicara beliau yang menggunakan bahasa Inggris dengan gramatika O-S-P (bahasa Jepang juga bukan ya, ini) "When 900 years old you reach, look as good you will not."
Dalam seri Star Wars, (dengan sengaja?) tidak dijelaskan asal-usul beliau. Selama sekian generasi menjadi guru para Jedi sampai kematian beliau karena sakit, makhluk satu spesies hanya seorang Yaddle, cewek jagoan neon yang terlihat di council pada episode I, yang lebih muda setengah usianya, dan selain itu tidak pernah terjadi perjumpaan dengan keluarga. Langka, patut dikonservasi atuh nyak.

Buta Hijau #8

Kini kita fokuskan ke manusia-manusia yang berubah menjadi hijau.

Hulk


hulkmovieAkibat mutasi genetik pada dirinya, Bruce Banner berubah hijau dan ketika marah, dan menjadi binatang yang naluriah dan innocent. Tanpa menghiraukan beratnya yang meningkat dan tampak lembam, ia masih bisa bergerak dengan cekatan...
The Hulk(2003) versi terbaru yang disutradarai Ang Lee, lebih menekankan sisi psikologis daripada aksinya, membuat film ini agak melelahkan. Rasanya kok lebih menarik kartun dan drama serinya yang dulu, tapi tak tahu juga deh kalau ditonton lagi sekarang.

The Masque


themaskThe Mask (1994), film terobosan spesial efek yang tak dapat dipisahkan dari muka karet Jim Carrey, melejitkannya ke level lebih tinggi sehingga mendapatkan pengakuan akting yang mantap, dianggap layak pindah haluan ke saluran yang lebih seurieus. Juga sebagai debut Cameron Diaz.
Ehm, sepuluh tahun mengikis juga ingatan tentang film ini, yang jelas aku menontonnya sampai lima atau enam kali deh. Dasar cerita diambil dari tokoh komik, walaupun di sana para pemakainya jadi bertindak sangat sadis, menyeramkan dan lethal, sementara di film masih agak lebih menarik dan lucu.
Perbedaan lain ada di sejarah dan bentuk topeng tersebut, di komik dituliskan bahwa topeng ini dari Afrika, sementara di film disebutkan dari Normandia dan berhubungan dengan dewa pengacau Loki.

Kalau Hulk menjadi polos ketika berubah hijau, sebaliknya pemakai the Mask akan memunculkan segala bakat terpendam dalam dirinya bersamaan dengan kenakalan dan kelicikan.

Baru tahu juga kalau ternyata The Mask punya sekuel... Tepatnya, franchise terbaru, Son of The Mask (2005) yang tampaknya tidak semenarik sang pendahulu, apalagi karena tidak memasang aktor/aktris/sutradara yang sama.


Swamp Thing


swampthing1swampthing2Komik yang cukup mengharukan tentang peneliti yang termutasi menjadi makhluk rawa. Sinetron televisinya punya penggemar fanatik, sementara layar lebarnya mungkin tidak begitu berhasil. Daripada sci- fi, mungkin kategorinya lebih ke horor romantis (?)

Beast Boy alias Changeling


beastboyWah, kalau yang satu ini aku gak begitu kenal. Garfield Logan, tokoh dari Titans, ceritanya anak dari ilmuwan biologi yang tergigit monyet hijau dan tertular penyakit langka Sakutia di pedalaman Afrika, sehingga kulitnya menjadi hijau dan bisa bertransformasi menjadi hewan. Dia punya penggemar yang cukup fanatik.

Rabu, 27 April 2005

Kasus Kecantikan (?)

beautycaseSi nCha menerbitkan buku kedua. Produktif yah.
Gebrakan yang terpuji, tepat seperti komentar Enda: Mengemas POLITIK dalam chicklit; Dengan tampilan bab demi bab yang menarik ala majalah fashion, kitab rujukan kaum wanita metromini itu pula.
Kabarnya segudang merchandise berlabel ini pun siap dimanfaatkan baik untuk promosi maupun sebagai ladang penghasilan baru. Wuih mantap benar (aku dapat kaos lah yaw).

Tapi apa penggunaan bahasa Inggris masih belum dapat dikurangi, bahkan judulnya seakan tak ada yang lain... Sedemikian rendahkah kemampuan masyarakat (termasuk pengarang) mencerna bahasa Indonesia rata-rata? (eits aku belum mempermasalahkan baik dan benar loh.)
Dan kok ya "kejiwaan"nya (spiritualitas, maksudku) masih belum cukup mendalam. Ketika yang dipermasalahkan adalah "beauty", mengapa sumpah serapah, kecemburuan, kekuasaan, konsumerisme masih diberi "value" positif di sini, rancu... Tapi itu kan kenyataan yang jujur dan manusiawi, katanya. Bahwa aku kurang menikmati, yah mungkin secara memang tidak merasa termasuk daripada golongan berideologi demikian.





Si nCha bakal meluncurkan Beauty Case di Zoom Cafe, Hotel Nikko Jakarta, besok hari Jumat 29 April 2005 jam 3 sore. Teman-teman dan penggemar dipersilakan mampir.

Situs di icharahmanti.com

Senin, 25 April 2005

KAA behind the scene


kaavvip






Lucu saja membaca plat nomor salah satu bis mewah yang dipakai sebagai kendaraan resmi KAA: KAAVVIP... Konperenshi Achia Aprika Pweri Pweri Imfortend Ferson.










athunasaf




Pantas tidak ketemu Athun di Puntang kemarin. Ternyata dia sibuk menyiapkan diri berguling-guling di pelataran Braga demi menyorot penyelenggaraan KAA. Sampai pakai helm begitu, sungguh siap tempur.







tenyearsago



Memang zaman sudah berubah. Waktu peringatan 1995, aku hanya memakai jas merah hati yang benang jahitannya terburai ke mana-mana, eh ini mereka pakai kain kebaya. Repot tapi kan anggun...



ciwalkaa

Sebagai atraksi untuk masyarakat Bandung, berbagai pameran digelar antara lain di Ciwalk dan Gasibu. Ciwalk mengkhususkan diri pada pameran kerajinan. Tegep yang bela-belain datang ke diklat II kemarin, ternyata punya satu gerai sepatu buts di sana.

arsipkaaDi gerai Badan Arsip Nasional, kita bisa memperoleh secara cuma-cuma katalog foto-foto kenangan Asia Afrika 1955. Lumayan. Tapi penjaganya pelit, dia pilih-pilih orang siapa yang diberi dan siapa yang ditolak...


gasibuyukata
Serombongan putra-putri berseragam yukata (pakaian musim panas Jepang) tampil di panggung berlatar belakang Gedung Sate:
Sebagian menyanyikan Kokoro no Tomo (atuh lah, lagu itu hanya beken di Indonesia, orang Jepang gak ada yang tahu pun) dan Furudokei (itu kan bukan lagu Jepang, hanya lagu folklore Inggris Grandfather's Clock yang dirilis oleh Hirai Ken) Dua-duanya tidak representatif ah...
Sebagian lagi menarikan tarian entah apa, dan yang ini koreografi mereka sendiri katanya, mengenai Hiroshima Nagasaki.

Berita seputar Gedung Merdeka akan disampaikan oleh adikku... Mana nih?

Sabtu, 23 April 2005

Puntang (panting)

puntangpanting

Hari Kartini. Hari Bumi. Maulud Nabi. 

Kulalui dengan bermalam gunung Puntang, menelusuri jejak-jejak kenangan masa muda (seakan sudah gaek saja, ohok ohok) bersama, siapa saja nih? Sebutlah Squarepants Squad... Dari kanan ke kiri, Meli Krabs viii, Squineward vii, Plankdul ix, Spongebondra viii, dan Hyoutrick vi... Yahaha.



panitiasmaMou juunen buri kanaa? Apa yang berbeda ya, swasta dan panitia kebanyakan sudah punya seragam angkatan lengkap kaos, sweater dan jaket (idih apa gak bosan hitam merah melulu???); pada diklat di sekolah, kompor dan ceret sudah digantikan dispenser; dan angkatan kali ini membuat gebrakan: bertahan 28 orang sampai babak ketiga. 

Mungkin salahku, karena di materi sejarah dan perkenalan, aku nimbrung menegaskan bahwa "Justru bukti dari keberhasilan diklat adalah ketika semua bisa bertahan bersama-sama, bukanlah karena menyisihkan teman. Selama program yang direncanakan panitia tetap menjamin kualitas lulusan, tentu siswa akan lebih nyaman ketika melaksanakannya dengan saling mendukung satu sama lain." Eh betul saja, meskipun acaranya sudah dipercepat ke Kamis/Jumat gara-gara menghindari KAA, mereka tetap keukeuh ramai-ramai. Yahaha selamat mampuslah kalian panitia... :)

nazikanztKarena demi KAA Bandung mengerahkan pawangnya agar Bandung cerah di hari Minggu, maka malam Jumat ini kami juga kebagian sialnya hujan deras di tengah malam. Aku memilih sepos dengan beberapa anak angkatan xii/xiv, tugas senyum ke siswa meminumkan bandrek dan nutrisari untuk memulihkan tenaga dan pikiran di tengah perjalanan malam mereka, lalu membuat suasana santai yang nyaman sehingga mereka bersedia berbicara menjawab wawancara, mengucapkan sandi dan membujuk teman berikutnya untuk mau melakukan yang sama... 
Dan iya lah, ember semua tohohohoho. 
Heran apa kami penjaga pos ini sedemikian ahli bersandiwara atau mereka yang terlalu mudah percaya saja. Rasanya aku dulu tidak sepolos itu dah. 


swastasiswaDan siapa bilang hak asasi manusia ditindas di sini? Mereka yang berkubang lumpur dan merunduk-runduk itu adalah anak-anak yang bersedia membayar tiga-puluh-lima-ribu rupiah per orang demi terselenggaranya acara ini.
Apa yang dicari yah? Sebuah prestise?
Mengapa aku sampai melaluinya dulu, jelas karena kurang kerjaan. Tapi mereka?


diklatdiklat
Ada siswa yang menjawab: Untuk membentuk pola pikir menjadi lebih baik... 
Yahaha pola pikir cemana yang terbentuk di sini? Yang jelas tak terkategorikan pada "lebih baik". Mungkin lebih tepat, "alternatif", yah? Dengan kemampuan menempatkan diri pada sudut pandang yang berbeda, kalian dapat memperluas wawasan dan merumuskan ulang pola pikir yang selama ini sudah terpatri di benak kalian. 
Demikianlah, siswa.

Seiring dengan mengalirnya kenangan ini, aku ucapkan selamat kepada beberapa orang di antara yang pernah terlibat: Enda yang baru jadi seorang ayah, Ncha yang seiring ultahnya lancar menerbitkan chicklit kedua... 

Dan yang lain, baik yang masih timbul maupun yang sudah tenggelam dalam arus lain, semoga berkah apa pun yang kalian lakukan di manapun kalian berada.

Selasa, 19 April 2005

Dasasila Bandung 1955

KAA50"Apabila Barong Liang Sai dari Tiongkok bekerjasama dengan Lembu Nandi dari India, dengan Sphinx dari Mesir, dengan Burung Merak dari Birma, dengan Gajah Putih dari Siam, dengan Ular Hydra dari Vietnam, dengan Harimau dari Philippine dan dengan Banteng dari Indonesia, maka pasti hancur lebur kolonialisme internasional" ... Ah, masa iya.

「バンドン10原則」「世界平和と協力の増進に関する宣言」

  1. 基本的人権と国連憲章の尊重
  2. 国家主権、領土保全の尊重
  3. 人種、諸国家の平等
  4. 内政不干渉
  5. 国連憲章に従い諸国民が個別的、集団的に自国を防衛する権利の尊重
  6. (a) 集団的防衛機構を大国の特定の利益に用いず、(b) 他国に圧力をかけない
  7. 領土保全、政治的独立への侵略、脅迫、力の行使をしない
  8. 国際紛争は国連憲章に従い、関係国が選択する平和的手段で解決
  9. 共通の利益と協力の増進
  10. 正義と国際的義務の尊重


The Ten Principles of Bandung:

  1. Respect for fundamental human rights and for the purposes and the principles of the Charter of the United Nations.
  2. Respect for the sovereignty and territorial integrity of all nations.
  3. Recognition of the equality of all races and of the equality of all nations large and small.
  4. Respect for the right of each nation to defend itself singly or collectively, in conformity with the Charter of the United Nations.
  5. Adoption of the Outcome of the Asian-African Summit.
  6. (a). Abstention from the use of arrangements of collective defence to serve the particular interests of any of the big powers. (b). Abstention by any country from exerting pressures on other countries.
  7. Refraining from acts or threats of aggression or the use of force against the territorial integrity or political independence of any country.
  8. Settlement of all international disputes by peaceful means, such as negotiation, conciliation, arbitration or judicial settlement as well as other peaceful means of the parties' own choice, in conformity with the Charter of the United Nations.
  9. Promotion of mutual interests and co-operation.
  10. Respect for justice and international obligations.


Dasasila Bandung:

  1. Menghargai prinsip-prinsip dasar hak asasi manusia dan Piagam Deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  2. Menghormati kedaulatan dan kesatuan territorial dari semua bangsa
  3. Mengakui kesetaraan atas semua ras dan kesetaraan antar bangsa-bangsa besar maupun kecil.
  4. Menghindari segala bentuk campur tangan dalam urusan dalam negeri Negara lain.
  5. Menghargai hak dari setiap bangsa untuk mempertahankan diri dengan sendirinya maupun secara kolektif dari dengan bersandarkan pada Piagam PBB.
  6. (a) Tidak mengadakan kerjasama pertahanan bersama yang secara khusus melayani kepentingan Negara-negara adidaya. (b) menghindari penggunaan tekanan terhadap sebuah Negara oleh Negara manapun.
  7. Menahan diri untuk tidak melakukan tindakan atau ancaman yang dapat mengganggu keutuhan wilayah atau kemerdekaan politik sebuah Negara.
  8. Menyelesaikan segala bentuk perselisihan/ sengketa internasional dengan cara damai melalui negosiasi/ perundingan, konsiliasi, arbitrasi atau penyelesaian perselisihan secara hukum sebagaimana bentuk-bentuk cara penyelesaian damai lain yang didasarkan pada pilihan masing-masing dengan tetap berpegang pada Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  9. Mempromosikan kepentingan bersama dan kerjasama.
  10. Menghormati keadilan dan tanggungjawab internasional.


Halo-halo Bandung

Pahlawan Pejuang Bambu

Jumat, 15 April 2005

Kota Tepian

Samarinda adalah kota yang semrawut, namun bila menyusuri pinggir sungainya, anda akan menemukan keasrian yang takkan diperoleh di Bandung sekalipun. Fasilitas publik berupa lapangan olah raga, taman bermain anak-anak, tempat duduk-duduk bakar sate, tertata rapi di sepanjang Mahakam.

Terlihat juga Islamic Center megah yang sedang dalam pembangunan.



Beranjak ke tengah kota, ada Citra Niaga, peraih Aga Khan Award putaran keempat (1990). Daerah pemukiman kumuh penuh pedagang kakilima yang berhasil diperbaharui menjadi kompleks perdagangan melalui keterlibatan masyarakat dan swasta, tanpa dukungan finansial dan teknis dari pemerintah ataupun dana asing.


Lebih dari 200 gerai besar kecil dan fasilitas rekreasi, terintegrasi secara desain dengan atap tradisional khas Kalimantan. Teladan bagaimana minat komersial bisa diarahkan kepada keuntungan publik dalam proses pembangunan urban yang demokratis, sebagai hasil dari manajemen yang memadukan kerja sama antara pedagang kaki lima, pemilik toko, pemerintah daerah dan konsultan.