Minggu, 26 Juni 2005

Ce, Ce, Ce, Charlie, Charlie!

chocosneakerCharlie pertama dalam kenangan, merek sepatu sandal langgananku di masa balita, dibelikan ayah di jalan Braga, terbuat dari kulit aseli atau dilapis solnya dengan karet alam. Mantap.
Ngomong-ngomong sudah pernah lihat sepatu N-ke dari cokelat?

Suara cewek ceria vs bapak-bapak medok sok aristokrat

"Halo, Tommynya ada, oom?"
"Dengan siapa ini?"
"Eci, oom."
"Ooooo, Edi."
"Eci, oom!"
"Ooooo, Egi."
"Eci, oom! C, C, C, Charlie, Charlie!"
"Ooooo, Charlie. Kok, suaranya kayak perempuan?"
"Aaaaarrrggghhh...!"

Have a break, have a K-+K@+

Nama Charlie disebut di sini karena memang merupakan kode internasional radio alfabet untuk huruf C. Biasanya digunakan dalam nomor pemesanan tiket melalui telepon. KA9Q-NOS akan dibaca "... kilo-alpha-niner-quebec, november-oscar-sierra!" Entahlah siapa petugas komunikasi ketentaraan masa perang dunia yang memilihkan kata-kata itu seenaknya.
Urutan resminya Alpha - Bravo - Charlie - Delta - Echo - Foxtrot - Golf - Hotel - India - Juliet - Kilo - Lima - Mike - November - Oscar - Papa - Quebec - Romeo - Sierra - Tango - Uniform - Victor - Whiskey - Xray - Yankee - Zulu.

chaplinskeeterLalu ada Charlie teman sekelas penataran P4, konduktor PSM bersuara emas.
Charlie dalam Charlie's Angels, juga hanya dikenal sebagai suara yang cuma berani memerintah trio cewek genit itu...
Padahal, tokoh Charlie yang paling berpengaruh dalam dunia hiburan, justru pakar film bisu...


Tapi tentu saja Charlie yang ingin dibicarakan adalah anak kecil yang berbahagia dengan limpahan cokelat, dan perkenalan dengan seorang manusia eksentrik.

wonkaMenonton versi jadulnya di televisi hitam putih adalah kenangan masa kecil yang cukup menyenangkan.
Dan kata kunci "cokelat" "anak-anak" dan "nyentrik" terasa sangat pas dan menjanjikan dengan pemeran Willy Wonka yang sekarang, ya kan? Ya kan?
Kalimat-kalimat Roald Dahl dalam cerita si Charlie ini, terutama dalam ucapan-ucapan Mr. Wonka, mengandung suatu protes terhadap produksi makanan anak-anak modern dan penolakan terhadap kedewasaan...

Oh, my sainted aunt! Don't mention that disgusting stuff in front of me! Do you know what breakfast cereal is made of? It's made of all those little curly wooden shavings you find in pencil sharpeners!
+++++++
Supervitamin Chocolate contains huge amounts of vitamin A and vitamin B. It also contains vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin F, vitamin G, vitamin I, vitamin J, vitamin K, vitamin L, vitamin M, vitamin N, vitamin O, vitamin P, vitamin Q, vitamin R, vitamin T, vitamin U, vitamin V, vitamin W, vitamin X, vitamin Y, and, believe it or not, vitamin Z! The only two vitamins it doesn't have in it are vitamin S, because it makes you sick, and vitamin H, because it makes you grow horns on the top of your head, like a bull. But it does have a very small amount of the rarest and most magical vitamin of them all - vitamin Wonka...
+++++++
Mind you, there are thousands of clever men who would give anything for the chance to come in and take over from me, but I don't want that sort of person. I don't want a grown-up person at all. A grown-up won't listen to me; he won't learn.

Sampai-sampai bukunya sempat dihujat dengan tuduhan espoused a poor philosophy of life... Yahahahaha.

Yang jadi perhatian khususku, adalah kenyataan bahwa N*stlé seakan mengklaim Wonka sebagai salah satu produknya, sejajar dengan KK... Padahal baruuu saja beberapa minggu yang lalu, aku memprotes cerpen yang menampilkan merek tersebut.
"Tante bawa apaan tuh ?" Rayhana ingin tahu seraya mendekat.
"Ayo coba tebak ?" tantang Yasmin.
"K-+ K@+!" teriak Fathan dan Rayhana berbarengan.
Yasmin tergelak. Dia pun segera menyodorkan sekantong coklat merek K-+K@+.
"Nih, jangan berebutan ya. Habis makan, terus sikat gigi, biar giginya nggak bolong ya!" pesan Yasmin.

Komentar: Wah wah wah... iklan merek beginih... Emangnya KK di jepang punya cap halal, gak subhat yah? Masalah emulsifier kek apa kek... Atau karena produsernya membiayai Israel yahahahah

chocofactoryKebetulan walaupun jauh lebih suka cokelat daripada permen, aku tak suka mengemil merek KK itu andaipun ada yang menyajikan gratisan. Lebih memilih Dark Chocolate atau bubuk kakao untuk dibuat kue sekalian.
Yah, bagaimanapun, N*stlé turut mensponsori film-film Ghibli. SWGTL, nikmati saja lah ya. Sila kunjungi Industri Wonka, siapa tahu ada yang berminat menanam saham di sana.
Banyak permainannya pula, dijamin asyik...

Sabtu, 18 Juni 2005

Seou Seigi

Posted by Hellonantonaku toaru joukyou ni nareba yappari iu kimarimonku danaa




Memang penantian terhadap kehadiran tokoh sampingan akan selalu sangat melelahkan dan tak kunjung kesampaian.
Maka perhatian terpaksa dialihkan pada tokoh utama lagi-lagi...
Yeah daripada gak ada. Hopelessly addicted...

Dan dia membelah kereta api! Nama jurusnya, rashoumon yahahahaha.



Senin, 13 Juni 2005

Yamakaze ・「山風」

(Khusus mania, yang tak berkepentingan silakan melewatkan...)

kaku-op-w7Setiap melakukan suatu hal, selalu perlu ada sosok kharismatik yang membantu bertahan. Walaupun terkadang ia malah menjadi pengacau yang memecah konsentrasi...
Akhir-akhir ini, sosok itu adalah Kaku.
Berbicara dengan logat kuno a la kakek-kakek (wahahaha, you iwareru wai...), pemuda culun yang mengaku berusia 23 tahun ini muncul sebagai ahli pertukangan kapal bersenjatakan kaku1gergaji raksasa dan serangkaian pahat...
Lemaskan kaki, ambil ancang-ancang, melesat...

kakugokakuflyyamakazeTerbang... Melayang... Tanpa halang rintang...
Bergerak bebas ke segenap penjuru kota, sehingga dia diberi julukan
「山風」
yamakaze,
angin gunung.


yamakasiATerkenang sesuatu? Ya. Yamakasi (2001).
Les samouraïs des temps modernes.
Bahasa Zaire berarti "jiwa-raga yang kuat", nama kelompok pemuda antigravitasi, penjelajah atap, pagar dan dinding kota Paris menggunakan perpaduan seni tari dan teknik bela diri, yang ditampilkan melalui film Luc Besson, sutradara Ariel Zaitoun, mengangkat tema perjuangan ras dengan semangat akar rumput.
yamakasiVBeberapa kelompok asli mengecam film tersebut sok gaya, seharusnya kegiatan ini murni olahraga dan bukan untuk dipamerkan.
Bagaimanapun juga kesuksesan itu mendorong para Yamakasi muncul kembali di film berikutnya: Les Fils du Vent (2004),
mengenai sepak terjang mereka di Thailand.
(Belum diputar atau sudah terlanjur beredar di video? Aku gak nonton...)

kakuzoroKembali ke permasalahan semula.
Oooh apa yang terjadi, siapa yang memilihkannya penyamaran dengan jubah kriwil-kriwil dan topeng norak ituuu???
Padahal pakaian si rambut jingga selama ini jauh lebih keren daripada si rambut hijau.

Tak disangka, selain senjata alat pertukangan, Kaku juga menguasai rokushiki... Jurus yang membuat orang tak berkutik dalam sekejap.
kaku9「指銃 shigan」 tusukan satu jari menembus daging manusia
「鉄塊 tekkai」 mengeraskan tubuh laksana tempurung besi
「剃 soru」 gerak secepat kilat berpindah seakan menghilang
「紙絵 kamie」 menghindar luwes selemas kertas
「月歩 geppou」 mengapung di udara dengan ledakan tenaga
「嵐脚 rankyaku」 tendangan menebaskan angin puyuh

Dia juga mampu memeriksa denyut nadi, mengukur kebohongan. Walaupun tetap patuh pada perintah rekannya yang kejam dan kasar, dia masih berlaku sopan, meyakini pendiriannya di pihak benar.
kakumanguSeragam baru yang serba hitam tak kalah gagah daripada jaket warna salem dan topi putihnya.
Hanya saja dalam beberapa minggu terakhir dia cuma digambarkan duduk termangu di sudut gerbong kereta euy... Belum ada kemajuan cerita, hiks...

Menyisakan penasaran yang mengoyak jiwa : Ada apa di balik topinya? Jangan-jangan dia botak? Atau android? Waaah...

kaku2kaku3Yang jelas, aku tergerak untuk belajar Yamakasi! Dimulai dari mana? Capoeira, salah satunya...
Berlatih salto-salto dan ilmu peringan tubuh...
Mungkin rokushiki sekalian... Huh, jauh-jauh.
Pencak silat saja diasah terlebih dahulu.

Kamis, 09 Juni 2005

Bung Lon dan Telepon

Buta Hijau #13

jacksonii xantaHewan melata unik yang dengan semena-mena diberi nama keluarga Chamaeleonidae. Tersebar di berbagai pelosok Asia Afrika, terutama di Madagaskar. Kulitnya mampu berubah warna, berkisar dari gradasi kuning pucat sampai hijau gelap kecoklatan serasi dengan dedaunan hutan, beberapa spesies bahkan sanggup tampil belang biru-merah, sehingga menjerumuskannya sepanjang sejarah sebagai pengibaratan kemunafikan, bahkan oleh sufi Muslim.

chameleonNamun tidak seperti yang dituduhkan, bunglon sesungguhnya bukan penipu: Kemampuan menyamarnya tidak dengan serta merta menyesuaikan warna dengan lingkungan sekitar, namun terbatas pada interaksi jumlah zat pigmen yang dimiliki, dan dipengaruhi perubahan cuaca, suhu, kelembapan, cahaya, dan pengaruh hormon dalam tubuh, sehingga jadilah ia makhluk yang selalu menampilkan isi hati langsung ke kulit luarnya: menguning atau bahkan menghitam ketika marah, dan berwarna-warni pelangi ketika jatuh cinta!

Secara diriku pribadi, bunglon = telepon. Mengapa hayo.

kamereonKenangan terhadap bunglon yang cukup melekat selain hewan aslinya, adalah adegan di drama seri pada akhir 2000, Yamato Nadeshiko. Sakurako, diperankan oleh Matsushima Nanako, tokoh utama drama ini, merajuk jam tangan Chameleon Rolex antik mahal yang tali pergelangannya bisa diganti-ganti aneka warna (wihihi, emang ada ya? limaratus ribu yen-an, gak pernah tahu) kepada sang tunangan, dokter kaya raya.
Sementara itu seorang penggemar, ilmuwan gagal yang beralih profesi sebagai tukang ikan, malah menghadiahkan mainan bunglon aneh murahan, yang akhirnya diterima juga dengan senang hati.
Adegan konyol ini mematri lagu Everything dari Misia di telinga, sampai dinobatkan sebagai deringan utama telepon genggamku selama tiga tahun lebih... Sama sekali bukan karena terbawa romantisme ceritanya sih, melainkan sekedar demi mempertahankan segala perasaan menyenangkan yang kebetulan timbul bersamaan dengan masa-masa drama itu diputar.
Perasaan apa? Euforia milenium, barangkali ya.

chamephoneLalu ada lagi sebuah benda unik dari Inggris, telepon plastik berbentuk bunglon di atas potongan pohon...
Kalau berdering, yang terdengar bukan kring melainkan lagu lamanya Boy George/Culture Club yang beken zaman 1983, yang entahlah apa maknanya itu:
Karma karma karma karma karma chameleon
You come and go, you come and gououo
Loving would be easy if your colors were like my dream
Red gold and green, red gold and green

Sementara itu si bunglon akan berdiri, menari dan menyanyi, diiringi kepik imut yang bermain harmonika dan lampu berkelap-kelip merah-emas-hijau,
merah-emas-hijau... Gubrag deh.
Kabarnya, mulanya makhluk ini muncul di televisi hanya sebagai penghias iklan British Telecom, yang kira-kira begini: Anak-anak tertawa-tawa geli mengerubungi ketika masuk telepon dari petugas rumah sakit yang bermaksud mengabarkan berita buruk mengenai ibunya yang kecelakaan. Mereka malah meminta sang petugas menelepon ulang, hanya demi mendengarkan kembali deringan itu.
Permintaan akan telepon aneh tersebut sedemikian tinggi, sehingga terpaksa diluncurkanlah produknya pada akhir 2002... Iya, norak begitu kok laku ya.
Tapi sejujurnya aku mau juga asal ada yang melempar ke bazaar...
Barang baru berkisar antara 60 sampai 100 pound??? Huaaaaaaaaa.

game chamegameMakhluk ini bukan hanya tak berbahaya, melainkan justru sangat berguna, karena menyantap lalat yang mengganggu manusia.
Caranya menangkap mangsa memang menarik. Dengan perlahan dan hati-hati ia maju sampai kepalanya berada sekitar sepuluh senti dari serangga, dan menyabetnya dengan lidah panjang dengan kecepatan tinggi. Jari lentur dan buntut melingkar membantunya menyamankan kehidupan di atas pohon. Mata dengan kelopak melingkar, bisa digerakkan bebas satu persatu, melengkapi penampilan yang menghebohkan.
Bagaimanapun, bunglon adalah hewan langka yang patut dilestarikan, dan sama seperti reptil lainnya, mereka bukanlah hewan yang dapat dijinakkan untuk peliharaan. Hormatilah hak mereka untuk hidup bebas di alam terbuka.

Minggu, 05 Juni 2005

Slytherin

Buta Hijau #12:

Naga hijau di kebudayaan timur, adalah perlambang kekuatan air.
Istilah yang sering didengar, "ular naga panjangnya bukan kepalang"...
Tapi dalam penggambaran, naga punya kaki dan tanduk, dan hanya ilusi. Aslinya komodo mungkin yah? Berbeda dengan ular yang tidak punya kaki atau tanduk, tapi nyata. Sementara ular ini beda lagi dengan ulat, yang kakinya banyak dan bermetamorfosa, dan dengan cacing yang tidak punya wajah, dan dengan belut...

Mengapa ular menjadi horor dalam berbagai peradaban, bisa dituduh sebagai jelmaan setan (menang jauh dalam menyaingi kucing)? Sebutlah perwujudan iblis yang membujuk Hawa memakan buah pengetahuan dalam kitab-kitab perjanjian abad pertengahan. Mengapa ular, bukan ulat atau cacing atau belut? Mereka kan cukup ajaib juga.

Karena bisa yang mematikan? Darah yang dingin? Lidah yang bercabang? Sikap predatornya yang licik? Kaki dan tangan yang "dikutuk" sampai menghilang?

Padahal nabi Musa as tercatat ditolong oleh ular yang menjelma dari tongkat beliau. Seharusnya ular itu dihargai sebagai hewan suci anugerah Tuhan.

bangau origamiUhm sebenarnya ingin membahas Professor Snape dengan syal hijau-perak kebanggaan beliau. Tapi jadi kacau. Kebetulan hari ini murid kesayangannya, si Draco Malfoy ulang tahun... Selamat ulang tahun Draco.