Jumat, 18 November 2005

Seou Seigi (2)

Fave pics of the week... (^_^;)
opluffyseigiIf you think it is weird for me to call him "kakko ii" in his nose-picking pose, let's count that half of the world would call him so too... <;^P (Nani ittendaa, omae). Even my overly-acted interest to the one-time-only appearance of other supporting characters still cannot turn me to underestimate the main hero. They are truly designed to be so irresistably lovely.

oprobinseigiKami sudah terlanjur tiba di sini gitu loh.
Pokoknya kami akan menyelamatkanmu!
Lalu, jika dengan demikian kau masih tetap ingin mati, matilah setelah itu saja!
Tapi kuminta, ucapkan itu di sisi kami!
Kembalilah.
Selebihnya, serahkan pada kami!

Rabu, 16 November 2005

Konsekuensi Skenario

Karena kepalang know by heart segenap ceritanya (maklum, dibaca justru di saat kritis menghadapi ujian musim panas tingkat... 3???, yang terhafalkan malah buku gak penting ini, so typical lah) maka ketika setiap hal yang kunilai penting ternyata tidak ditampilkan, sungguh mengesalkan. Intrik yang terlalu berbelit njelimet memang sulit divisualisasikan dalam jam tayang yang sesingkat itu, namun kadang terasa justru hal kecil yang terperincilah intisari yang berdaya tarik dari cerita ini, bukan kerangka besarnya.
Yang menorehkan luka cukup menganga ketika terlewat antara lain: taruhan si kembar, SPEW dengan pinbadgenya, para pegawai di balik dapur kampus, godfather yang rela hidup dari tikus, antara kebijakan pers dan pengorekan berita secara ilegal, the true meaning of "bugging", sikap ayah Cedric yang gemar memperbandingkan anaknya, Ron yang akhirnya minta tanda tangan juga pada sang idola... Apalagi, kebanyakan merupakan jalinan yang mengikat cerita ke buku berikutnya.
Sepantasnya, bila memang tak bisa true to the book, buat sebuah ikatan khas film yang lain sendiri, tapi muncul terus di seluruh sequel. Namun itu pun tak berjejak.
Jangan-jangan itu sebabnya si Steve Kloves menyerah di sequel kelima. Terlalu banyak lubang yang ia buat! Eiii, pertanggungjawabkan dong sampai kalimat penghabisan!

bambuhotter
(a few months ago,
on some silly launching event;
ms.ravenclaw
and
ms.slytherin)


Update: 11/23 Hogwarts Muslim Students Association.
Bagi rekan-rekan yang (setidaknya merasa) satu generasi dengan saya, yang masih mempertahankan (atau terjebak pada) identitas Islam di tengah globalisasi, apalagi bagi yang berpengalaman sebagai minoritas di negeri asing, dijamin bisa sambung rasa pada situs tersebut.

Kamis, 03 November 2005

Manga no Hi ・「漫画の日」

hard for me to say: I am Sorry; A lot easier to say... Hayang Seuri

Umat Islam di Jepang cukup beruntung tahun ini, karena Idul Fitri jatuh bertepatan dengan Bunka no Hi, 「文化の日」 alias Hari Kebudayaan. Hi, gak keren kah judulnya? Sebuah hari libur yang memperingati diresmikannya undang-undang Jepang paska perang dunia II, dengan slogan "mencintai kebebasan dan perdamaian, memajukan kebudayaan". Selain itu juga merupakan hari dengan probabilitas cerah yang cukup tinggi, sehingga berbagai kegiatan luar rumah bisa terselenggara dengan baik.

Tapi yang lebih penting lagi, tanggal ini adalah hari KOMIK nasional Jepang.

Sebenarnya ada dua tanggal lain yang dianggap manganohi, yaitu 17 Juli: ulang tahun majalah karikatur "Punch" yang bertahan selama satu setengah abad sebelum kebangkrutannya di tahun 1992, dan 9 Februari: berdirinya toko komik Mandarake dan wafatnya Tezuka Osamu sang bapak manga.

Untuk bisa menghormati dengan lebih meriah, maka tanggal 3 November yang juga merupakan tanggal lahir tercatat Tezuka Osamu, diresmikan menjadi Hari Manga sejak 2002, oleh Asosiasi Pengarang Komik Jepang Nihonmangakakyoukai 「日本漫画家協会」, dengan dukungan empat perusahaan penerbitan raksasa:
  • Koudansha (Asakiyumemishi, Sailor Moon, karya-karya Tezuka Osamu...),
  • Shuueisha (Dragonball, City Hunter, Rurouni Kenshin, One Piece, ...),
  • Shougakukan (Doraemon, Meitantei Conan, karya-karya Mitsuru Adachi...) dan
  • Hakusensha (Garasunokamen, ...)

Berkaitan dengan komik, yang lucu terdaftar juga di Wikipedia bahwa tanggal ini juga merupakan hari ayahnya Nobita melamar sang ibu, dan ulang tahun Hayami Masumi... Gedubrak. (11月3日)

Ayo sekalian saja diresmikan di kalender, menggantikan istilah *budaya* yang berat itu! Dan, selamat lebaran.