Jumat, 15 Juni 2007

Yang Muda yang Berbahaya

Memang sampai kemarin itu, selain terlibat urusan Avian Flu tahun lalu, rasanya sih Taiwan hanya sekadar negeri asal putri angkatnya Saeba Ryou (di New City Hunter: Angel Heart, halah) ataupun Meteor Garden (orz)... Entah bagaimana ceritanya, kami menyelenggarakan Young Leaders' Dialogue dengan Taiwan, 3 hari di kota hujan.



Dan ternyata cukup sulit bagi kedua belah pihak untuk menyajikan pemimpin-pemimpin yang benar-benar muda. Yang putri masih lumayan rata-rata, lah utusan bapak-bapaknya banyak berusia di atas 40. Kecengan sepi, yah masih untung mereka bukan pedandan semacam F4 (OTZ).

Katanya, beberapa calon peserta yang batal, menanyakan apakah kita punya taksi. Betapa ucapan itu merupakan suatu wujud ketidakpedulian terhadap negara berkembang... Dengan begitu, kita bisa memperhitungkan bahwa kebanyakan peserta adalah mereka yang terbiasa dengan perjalanan lintas alam...

Setidaknya, suasana obrolan terasa nyaman, karena sama-sama menggunakan bahasa yang bukan miliknya sendiri, sehingga tenggang rasa untuk saling pengertian lebih mudah tercapai. Dan ujung-ujungnya, timbul kesadaran: Ya, kita memang masih sama-sama Asia.

Yang menjengkelkan justru beberapa peserta dari pihak Indonesia yang tidak merasa wajib bertanggung jawab untuk berpartisipasi secara substansial. Mereka kira ini acara biasa apa? Setor muka pas makan-makan saja, lalu posisinya digantikan oleh pegawai rendahan yang bahkan namanya pun tidak diberitahukan kepada panitia, yang kemudian dengan malu-malu pamit mundur karena mengaku tidak mampu mengikuti koar-koar bualan yang dibahas di forum pleno. Tak tahunya, begitu acara selesai, mereka ini yang paling pertama sibuk menelepon panitia minta hasil akhirnya untuk lapor ke atasan. Sok penting amat. Kalau seperti itu jangan konfirmasi ikut serta dong.



Pokoknya kami bisa cengar-cengir, bergaul go-international lah, dan penyegaran bersepeda sebelum mentari terbit, menghirup embun pagi.

Oh ya, jauh-jauh menghindar dari keramaian kota, tahu-tahu kepergok TJ, itu si bule gadungan teman se-SMP-SMA yang kebagian pelatihan kantor tepat di ruangan sebelah. Dunia memang sempit.

1 komentar:

yungfbp mengatakan...

TJ? siapa itu Kan? itu hijau seragam kantor?....gaya bener itu seragamnya?