Jumat, 26 Maret 2004

Melodrama Melonpan

Melon-pan aslinya tidak hijau dan tak punya rasa melon sama sekali.
Ini roti bundar bertabur gula, diasosiasikan dengan melon karena bagian luarnya yang keras dengan tekstur retak-retak berbentuk petak-petak, sementara bagian dalamnya lembut. Hard-boiled heart, istilah seorang novelis.

外は堅く、内は柔らかく、
つまりハードボイルドの心なのだ。
(@ ゴキブリの歌)



Aneka Rupa Melonpan


Untuk lebih menyesuaikan penampilan dengan namanya, Melon Pan yang beredar di pasaran selama ini juga telah mengalami berbagai permak wajah oleh masing-masing produsen roti, ada yang ditambah aroma melon, diisi krim ataupun diwarnai hijau.
Sayangnya dengan demikian akan melibatkan zat tambahan semacam gelatin dan pengemulsi yang biasanya mengandung babi.


Kakilima Melonpan


Akhir-akhir ini, Melonpan seharga 120 yen yang dibakar di depan pembeli booming di seluruh Jepang, dengan sistem penjualan berpindah-pindah dengan mobil oven seperti yang selama ini diterapkan di Osaka. Seorang mantan pemain sepakbola juga turut andil dalam meluncurkan mobil oven pertamanya di Sendai (Tohoku, Jepang Utara).


Valentine di Sato no Mae


satonomaeSetiap aku lalui pulang sekolah sore hari, tercium wangi yang mengundang air liur, sehingga antrian panjang tak terelakkan di garasi kelokan Sato no Mae, jalan Higashiooji, satu blok dari saung Bambu Muda.
Tempat parkir sebuah mobil oven roti melon tanpa bahan aditif yang menetap sejak Januari lalu ini, adalah salah satu lokasi yang sekilas diliput siaran televisi mengenai melonpan pada Valentine 2004. Dasar mii-haa, walhasil berat badan naik 4 kilo selama hari-hari kritis itu, yahahahaha.


Sunrise vs Shiro-An


sanraisuhinode

Kabarnya, kebanyakan orang Kyoto kebingungan dengan menjamurnya toko berantai Melonpan ini, karena mereka sebelumnya menamai Melonpan model polos itu sebagai Sanraisu, yaitu beralur menyebar seperti sinar matahari terbit (sunrise). Roti sejenis ada di Meksiko dengan nama Conchas, alias kerang.
Sepengetahuan mereka "Melonpan" adalah roti lonjong berbentuk potongan bola rugby yang berisi shiro-an, selai kacang putih (Walaupun juga tak ada melon di dalamnya).


Melonpanna-chan


melonpannaYanase Takashi, pengarang serial anak-anak Anpanman (Superhero Roti Kacang Merah), sebenarnya baru pertama kali mencicipi Melonpan setelah didesak oleh sekian banyak penggemar Roti Melon untuk mengangkat penganan ini menjadi salah satu dari sekitar 2000 lebih tokoh rancangannya yang beraksi di animasi itu.
Yanase-san biasanya hanya menghabiskan waktu 20 menit untuk menciptakan seorang tokoh, namun retakan pada permukaan roti yang nyaris terkesan seram, membutuhkan waktu pertimbangan selama 4 hari untuk dialihkan menjadi eyeshadow yang malah mempercantik wajah. Ternyata dengan rancangan ini, si makhluk peminum jus melon yang punya keahlian khusus Mellow-mellow Punch ini langsung naik daun menjadi tokoh favorit sejak pertama kali diorbitkan awal 90-an.


Misia no Melonpanda


melonpandaSatu lagi karakter yang berasal dari Melonpan adalah Melon Panda karya Misia. Muncul dalam album kumpulan lagu terbaiknya 2002 sebagai dekorasi videoklip bonustrack "Amai Koibito" (Kekasih yang Manis).

(update 04/07: kini ada website dan blog).



Melonpan no Shinjitsu


メロンの本Mungkin aku seperti kurang kerjaan sampai-sampai meliput melonpan sampai sehalaman, tapi ada yang lebih heboh lagi:

Buku khusus mengenai sejarah lahirnya Melonpan. Dibahas mengenai kemungkinan bahwa Melonpan adalah terobosan asli orang Jepang...


# Aneka Rupa Melonpan
# Kakilima Melonpan
# Valentine di Satonomae
# Sunrise vs Shiroan
# Melonpanna-chan
# Misia no Melonpanda
# Melonpan no Shinjitsu

1 komentar:

cselvalva mengatakan...

NYAM!!!!....????