Selasa, 11 Mei 2004

The Big Durian

durianmovieAmuk...
Bisa dikatakan satu tonggak budaya Melayu sejajar dengan bambu atau batik, yang dikenal oleh masyarakat dunia melalui terdaftarnya kata ini ke dalam kamus bahasa Inggris.
The Big Durian, film dokumenter semacam Bowling for Columbine versi Melayu, mengangkat peristiwa amuk Private Adam yang menggemparkan Kuala Lumpur Oktober 1987. Karena kegentingan waktu dan tempat yang tepat, peristiwa ini menimbulkan panik seluruh kota dan beredar desas-desus kekacauan rasial.
Saatnya politik memberi dampak langsung pada kehidupan sehari-hari terhadap sang Sutradara yang masih remaja. Saat itu, timbul kesadaran untuk mempertanyakan situasi dan kondisi negara, dan masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap media massa.

amukPergunjingan dan bualan-bualan yang beredar di masyarakat mengenai peristiwa tersebut dianggap sama (kalau tidak lebih) penting dengan yang dikemukakan dalam media nasional, maka demi penyusunan film ini ratusan orang diajak audisi, mengenang kembali pengalaman (dan kecurigaan) mereka saat itu, baik yang berkaitan masalah intrik politik, pendidikan kaum etnis, korupsi, kebebasan pers, hukuman tanpa pengadilanbahkan kritik terhadap keluarga kerajaan, berbagai isu ketegangan rasial lainnya.
Hasil wawancara dikompilasi sehingga beberapa rekaman komentar asli diambil, sementara sebagian lainnya diperankan oleh aktor dan aktris veteran atas izin yang diwawancara. Pendekatan eksentrik campuran fakta dan fiksi terhadap isu-isu yang sangat sensitif ini terlihat santai, lucu tapi cerdas dan persuasif, diharapkan bisa menggapai pemirsa muda Malaysia.

Tidak ada komentar: