Kamis, 26 Agustus 2004

Beruang Kecil Misha

mishaSejarah olympiade masa kini takkan pernah lepas dari makhluk bernama maskot. Salah satu yang beken adalah Misha dari Moscow 1980, dengan nama lengkap keren: Mikhail Potapych Toptygin.
Demi ikut memeriahkan pesta olahraga dunia tersebut, beruang kecil imut ini dijadikan model tokoh dalam Eroica yori Ai wo Komete, serial manga komedi gila kesayangan saya.

"Beruang Kecil" muncul sebagai code name Misha, agen KGB botak, musuh tangguh tokoh utama sang Mayor NATO. Penggambarannya sangat tipikal tokoh blok Timur seperti dalam film-film James Bond atau kisah petualangan Tintin. Posted by Hello
major-mishacaptain-boris

Namun, bertahan selama lebih dari 20 tahun (namanya juga komik, usia sih tak bertambah), setelah mengalami kalah menang berselang-seling, disusul ketegangan mereka ketika ternyata harus bekerja sama setelah mencairnya perang dingin, ia terbukti masih menjadi saingan kronis sang Mayor yang tak lekang termakan zaman.

Pembaca pun akan mulai menyayangi Misha yang jujur, tegas, bertanggung jawab, yang ternyata merupakan seorang kepala keluarga dengan istri cantik dan tabah serta seorang putri remaja yang menggemari seni balet.

Mungkin karena ejaannya kebetulan sama dalam bahasa Jepang, ada beberapa penggemar fanatik Misha yang menghubung-hubungkan sang tokoh pada artis Jepang penyanyi Everything, OST sebuah drama musim gugur 2000 lalu.
Si MISIA mendesain maskot untuk publikasi dirinya, sejenis beruang juga. Ide panda hijau yang manis dan punya lagu sendiri ini berasal dari sebuah fenomena roti yang pernah saya ceritakan.

Tidak ada komentar: