Rabu, 01 September 2004

Nihongo Nouryoku Shiken

Tes Kemampuan Bahasa Jepang resmi untuk orang yang tidak berbahasa ibu bahasa Jepang, JLPT, telah dibuka pendaftarannya tahun ini sampai tanggal 10 September 2004, dan akan diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia pada tanggal 5 Desember 2004.
Ini bukan sembarang ujian... Dengan mengandalkan kemampuan sehari-hari setelah menginjak tahun ketujuh pun, aku hanya berhasil memperoleh 84% dari total skor... Maka supaya gak rugi biaya sebaiknya mempersiapkan diri latihan soal dahulu.
Ujian ini juga diselenggarakan di seluruh dunia, penanggung jawab untuk Indonesia adalah Japan Foundation, yang dengan subsidi biaya pendaftaran peserta hanya perlu membayar sekitar seperlimanya... Hanya saja tempat penyelenggaraannya terbatas, jadi harus rela bayar ongkos jalan ke kota-kota besar.
Menarik untuk memperhatikan, pada isian pendaftaran "bahasa ibu", selain bahasa Indonesia juga ada pilihan bahasa Sunda dan bahasa Jawa!
Bagi yang membutuhkan informasi EJU, yang kabarnya diselenggarakan sejak dua tahun lalu, maaf saya sendiri belum pernah lihat, mungkin modelnya sama dengan ujian beasiswa monbukagakusho, yang semakin tahun semakin didiskon uangnya dan dikurangi kapasitasnya...
Tentunya kebijakan pendidikan luar negeri berubah seiring merger AIEJ dkk ke JASSO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih Kanti infonya. Lagi nyari info JLPT malah nemu di Bambu Muda. Nemu juga yg di Ina. Bisa nggak yah daftar di sini test di Yk he..Atau di daftarin orang lain. Persiapan tahun depan, pulang Sept akhir. Tanggung kan..

'lam
Aan