Senin, 19 September 2005

Sangkar Bambu di Aichi Banpaku


aichijapanpavilion

Nippon-kan, Gerai Pemerintah Jepang di Nagakute menampilkan layar 360° untuk sebuah panorama singkat sepanjang tujuh menit. Dan untuk penjelasan lain mengenai perkembangan ekonomi, perubahan iklim, dimanfaatkan berbagai sistem visualisasi tiga dimensi. Tapi, pembungkus segala kecanggihan teknologi ini, sebagai penghemat energi, seluruh bangunan dilingkupi oleh... anyaman bambu!

globalvillage
Kompleks bangunan lainnya yang menggunakan pelindung bambu ada di Chikyuu Shiminmura, alias desa LSM dunia. Di sini, diselenggarakan berbagai kegiatan permainan antara lain untuk menjelaskan keterbatasan bahan bakar, keterbatasan makanan, aneka polusi lingkungan secara ringan dan menarik. Pada hari-hari terakhir, malam harinya mereka menyalakan lilin di dalam tabung bambu, menghasilkan suasana syahdu. aichikolintangSelain itu sekeliling desa ditanami rumpun bambu, dan kolintang bambu aneka nada digelantungkan untuk dimainkan oleh siapa saja yang lewat.

Pikir-pikir, ke mana nih partisipasi Indonesia??? Padahal dengar-dengar gosip waktu hari Indonesia 17 Agustusan, Saung Udjo tampil di Expo Hall mengajak penonton bermain angklung bersama. Bahkan angklung tersebut dibagi-bagikan sebagai oleh-oleh. Tapi tidak ada sama sekali jejak musik angklung di desa ini!

takechashitsu
Sementara di wilayah Seto, di antara berbagai seni instalasi, didirikan sebuah ruang minum teh portable yang cukup manis, terbuat dari bambu dan papan-papan berlubang. Walaupun tembus pandang, namun cukup terlindung dan sejuk sehingga kita bisa beristirahat dan menumpang shalat di sini.

Di pelatarannya, berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bambu juga diselenggarakan. Ada yang menggelar pertunjukan dongeng Putri Kaguya seperti diceritakan kemarin (kebetulan karena bertepatan dengan Tsukimi), dan ada pula yang membuat prakarya seperti baling-baling bambu, papan nama, jangkungan dan lain-lain. Hidup bambu p(^o^)q


aichibamboocraft

1 komentar:

cselvalva mengatakan...

WOW! cool, maaan!!!!