Kamis, 04 Mei 2006

Kin no Unko ・「金のうんこ」

Mumpung lagi Golden Week... p(^o^)q

Di toko-toko cinderamata (terutama seputar Kyoto) laris manis benda aneh ini... Kin no unko.

kin-no-unko

Dalam peribahasa Jepang, hidup enak itu artinya memenuhi tiga syarat: kaishoku, kaimin, dan kaiben. Makan enak, tidur nyenyak, dan... ini yang paling penting... buang air lega.

Dan entah bagaimana, karena bunyinya yang sama dengan kanji "keberuntungan", maka bentuk tahi yang *bagus* (rolling style... tsaaah) menjadi jimat pembawa keberuntungan.

Dari strap hp seharga 210 yen sampai celengan 4200 yen. Ada yang dari kaca, ada pula yang ditambahkan bentuk tangan menampungnya. Menggenggam keberuntungan...
Dan ternyata... Laku lebih dari tiga juta keping! Setidaknya ada tiga juta orang yang menganggap benda ini berkhasiat atau sekedar lucu.
Bahkan kabarnya, bank-bank besar juga menyediakan emas murni bungkahan 24 karat dalam bentuk ini, untuk disimpan menggantikan bentuk batangan.

Memang, sisa hasil metabolisme yang kita remehkan itu adalah barang bukti, cerminan dari gaya hidup. Bentuknya hanya akan menggulung begitu bila kita melengkapi gizi empat sehat lima sempurna, dan meluangkan tubuh istirahat yang cukup demi masa pencernaan. Bila tidak memenuhi salah satu dari yang dua itu, tentu hanya ada dua kemungkinan: m@ncr@t atau s@mb@lit. Tsaaah.

Ikaga deshou? Lumayan kan buat oleh-oleh? p(^o^)q

Ah, Indonesia juga punya kok. Di atas Monas.

Golden Week, adalah minggu yang memiliki hari libur berturut-turut;
tanggal 29 April (Midori no Hi, hari hijau) dan 3-4-5 Mei (hari konstitusi, hari kejepit dan hari anak-anak...)

Tidak ada komentar: