Jumat, 28 Desember 2007

Kanji 2007

Kanji tahun ini kembali suram.
Setelah tahun-tahun sebelumnya yang muncul adalah "cinta" dan "nyawa", kini: Penipuan, penyamaran, kebohongan, munafik, barang palsu, bajakan...



Jepang tahun ini memang mengalami banyak sekali kasus penipuan dan pemalsuan yang muncul ke sorotan media. Seperti kasus khasiat Natto Januari lalu, kasus beberapa pabrik kue yang menggunakan bahan susu basi ataupun mengganti tanggal kadaluarsa pada kemasan, dan kasus pencampuran daging cincang sapi dengan ayam dan babi.
Tidak hanya urusan pangan saja, juga dalam urusan papan. Syarat bangunan tahan gempa tidak dipenuhi oleh pihak pembangun. Masalah hak cipta juga cukup hangat dibicarakan. Penggelapan-penggelapan di kalangan politik.

Di Indonesia, masalah ini juga tidak kalah hebohnya. Hukum masih dipermainkan. Kasus korupsi belum juga mereda. Penipu kelas internasional ada yang ditangkap sedang melarikan diri dalam wilayah negara ini.
Penyerobotan budaya bangsa merajalela, sementara di sisi lain jiplak-menjiplak skenario sinetron tanpa menghargai karya aslinya pun sedang mencapai puncaknya tanpa tahu malu lagi.

Sudah sepantasnya manga Kurosagi direkomendasikan. Lumayan menjadi ensiklopedia kasus penipuan apa saja yang pernah terjadi di dunia ini.

Tidak ada komentar: