Selasa, 27 Mei 2008

Lima Dekade SMPN 5

Jadi ternyata, desas-desus adanya reuni akbar SMPN 5 Bandung itu benar. Hanya saja karena beritanya simpang siur, gara-gara ada berbagai macam acara pra-reuni akbar, ada reuni seangkatan, ada reuni sedekade, tidak ada yang melibatkan angkatan saya, ya kagetan mendadak juga deh ikutannya.

Ikas yang mengirim berita, terdaftar datang, tapi entah di mana. Yuni yang semangat mengajak, malah gak muncul. Kebetulan sehabis lari pagi dengan β (95) jadi bisa berangkat bareng. Di sana ada Ec (96) yang dibawa oleh 'teman fitness'(?)nya yang angkatan 90, namun karena kebingungan dengan hitungan tahun angkatan, sempat keliru menyangka dirinya anak 95, dan setelah sore muncul A9 (91) yang celingukan karena hanya tahu dari spanduk di jalan... Para alumni dikelompokkan masing-masing dekade: 59-69, 70-79, 80-89, 90-99, dan 2000 ke atas. Dekade 90an memperoleh seragam kaos hijau-putih.



Di dekade kami kebanyakan yang datang adalah angkatan 1990, sementara angkatan 1991-1995 yang seharusnya aku (angkatan 93) kenali selama masa tiga tahun bersekolah di sana, hanya muncul segelintir selain yang di atas itu. Si β masih mendingan, ada beberapa teman angkatannya yang ditemukan. Aku cuma sempat menyapa Wi. Tentunya bisa dimaklumi karena tahun ini angkatan kami sedang berada pada masa-masa kritis meniti jenjang karier, membina rumah tangga, mengurus putra-putri yang masih bayi, dan sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara dan segenap penjuru dunia tanpa mampu menjangkau Bandung dalam sesaat.



Selain angkatan 90, ternyata ada juga yang aku kenal, seperti Pak Er (87) yang dari Kobe... Dan yang paling menonjol yah anak-anak KANST. Yang pertama kelihatan, Tgp (88) yang serombongan berkaos hitam-merah roller skaters. Hampir semua angkatan 80an kompak memakai kaos angkatan khusus karena sudah konsolidasi terlebih dahulu di reuni per angkatan. Untuk acara pagi, siang dan malam, mereka punya seragamnya masing-masing. Malah angkatan 60an tampil sangat memukau di acara malam, dengan seragam busana berwarna merah dengan selendang keperakan.



Suguhan hiburannya sih terkesan cenderung 80an: marching band, disko, yah begitulah. Beberapa angkatan tertentu, terutama angkatan 60an dan 70an, membuat penampilan khusus di atas panggung; bahkan ada yang sempat kabaret segala! Wah, sisa-sisa semangat masa muda! Lagu pilihannya juga lagu masa kini, bukan yang oldies lho! Funky betul, kapan latihan dan persiapannya tuh? Jadi mengkhayal, bisa gak ya, angkatan kami dikumpulkan seheboh ini... Mungkin saat sudah mapan, sekitar 20-30 atau 50 tahun lagi (???)

1 komentar:

iyun mengatakan...

emang biasanya yg heboh angkatan yg tua2 ya kanti? katanya kemaren reuni akbar sma3 jg yg banyak dtg malahan angk. 70-an?? moga2 ntar kalo ada lagi, aku bisa ikut ^_^