Rabu, 31 Mei 2017

Ancaman Tembakau

Tembakau mengancam kita semua. 
Katakan tidak pada tembakau. Lindungi kesehatan, kurangi kemiskinan, dan usung pembangunan. 

Lingkungan. Sampai 10 miliar rokok terbuang di lingkungan setiap hari. Limbah tembakau mengandung lebih dari 7000 zat kimia beracun. Puntung rokok bertanggung jawab atas 30-40% semua benda yag dikumpulkan di pembersihan pantai dan kota. Emisi asap tembakau menyumbang ribuan ton karsinogen, racun, dan gas rumah kaca manusia. 

Perempuan dan anak. Industri tembakau menyasar perempuan dengan menyiratkan bahwa pemakaian tembakau meningkatkan kesetaraan gender, glamor, pergaulan, dan kesuksesan. Sampai 7 dari 10 buruh tani tembakau adalah perempuan dan berkontak langsung dengan zat kimia berbahaya. 
1 dari 2 anak terpapar rokok secara pasif. Sampai 14% anak dari keluarga yang bertani tembakau tidak masuk sekolah dan malah bekerja di ladang tembakau. 
Dampak kesehatan dan ekonomi. Tembakau membunuh lebih dari 7 juta orang setiap tahun. Tembakau mengancam kesehatan, ekonomi, dan pembangunan. 12% kematian orang berusia di atas 30 tahun akibat tembakau. Biaya tahunan global dari pemakaian tembakau adalah 1,4 triliun dolar AS dalam belanja perawatan kesehatan dan kehilangan produktivitas dari penyakit dan kematian dini. 

Kemiskinan. 226 juta pemakai tembakau dewasa hidup dalam kemiskinan. Terkadang lebih dari 10% penghasilan rumah tangga dihabiskan untuk produk tembakau, artinya lebih sedikit dana untuk pangan, pendidikan, dan kesehatan. Penyakit terkait tembakau, termasuk penyakit jantung, paru-paru, dan kanker, meninggalkan banyak keluarga tanpa pencari nafkah utama, sementara dalam waktu yang sama meningkatkan biaya perawatan kesehatan. 

Tidak ada komentar: