Sabtu, 17 September 2005

Tsukimi (Memandang Bulan)

Bulan purnama dalam dongeng jepang diasosiasikan dengan kelinci. Namun selain itu seperti diceritakan dalam ketika-bambu-berbunga, tersebutlah sebuah kisah berdasarkan peristiwa nyata di zaman Nara, mengenai seorang putri yang memilih bunuh diri daripada menerima pinangan penguasa saat itu, Yamato no Oocho yang berada di pihak musuh keluarganya.
Selain dipandang sebagai teladan perempuan yang memegang harga diri tak tertarik pada kekuasaan, sebagai bumbu perayaan yang dipengaruhi budaya cina "mooncake festival" kisah ini mewarnai acara memandang bulan, yang disesuaikan dengan kalender lama jatuh pada malam ini.
Walaupun tidak diketahui dengan pasti siapa pengarangnya dan kapan terbitnya, namun kisah ini disebutkan dalam catatan Murasaki Shikibu pada pengantar novel kuno Genji Monogatari sebagai karya yang telah terkenal di masanya. Dalam Konjaku monogatari (terbit pada masa setelah Genji), kompilasi dongeng rakyat yang dimanfaatkan untuk menyampaikan ajaran Buddha, kisah Kaguyahime alias Taketorimonogatari tercantum versi ringkasnya.
Versi yang dihilangkan adalah perincian mengenai lima pria yang melamar sang putri, satu persatu ditolak dengan berbagai syarat mustahil (seperti Loro Jonggrang menolak Bandung Bandawasa nih), antara lain: mustika naga (dragonball nih), kimono kulit tikus api (kimononya inuyasha nih), cawan tempat minum Buddha (mirip mitos ksatria meja bundarnya raja
Arthur nih), yang dikabulkan oleh para pria tersebut dengan akal-akalan cerdas yang sayangnya ketahuan juga... dan akhir cerita bahwa ketika terbang ke bulan, sang putri menyerahkan obat hidup abadi untuk sang kakek yang mengasuhnya. Sang kakek merasa ini tak perlu, sehingga menyerahkannya sebagai pelipur patah hati sang raja yang telah ditolak. Sang raja malah menyuruh pasukannya membakar obat tersebut bersama dengan surat-surat dari sang putri ke puncak tertinggi di Jepang, sehingga asap terus keluar dari gunung fuji.
Sayangnya legenda ini hangus karena gunung fuji sudah tidak aktif...

kaguyaorigamiaichitaketori

1 komentar:

nona cyan mengatakan...

gambarnya keren! dapet dari mana dan siapa yang bikin?