Selasa, 11 Oktober 2005

Smurf yang dismurf dalam Smurf

UNICEF Belgia menghancurkan desa Smurf.


Smurfen alias Schtroumpf, makhluk biru muda kebanggaan Belgia.
Menurut para pengamat komik yang hobi gosip politik, sebenarnya mereka adalah cerminan utopia kaum komunis yang hidup bahagia dibawah pemimpin berbaju merah si Papa Smurf.
Tapi bukan hal ini yang sedang dibahas sekarang.


smurfSaat itu para penghuni kampung sedang berpesta tralala mengelilingi api unggun. Tiba-tiba tak ada angin tak ada hujan, bom berjatuhan. Desa terbakar, Smurfin terkapar, Bayi Smurf mengeak-ngeak menyayat hati.

Dan muncul kalimat: Jangan biarkan perang mengganggu kehidupan anak-anak.

Berita 10/08; slideshow; ... VIDEO

Menurut kabar yang diperoleh dari smurf-smurf lainnya, dalam rencana awal iklan ini, potongan-potongan tubuh biru muda yang terpenggal mau ditampilkan juga, tapi tersmurf sensor...
Gebrakan ini ditempuh UNICEF karena himbauan menyumbang smurf secara konvensional (semacam mensmurfkan sosok korban anak-anak afrika yang terluka dan kelaparan di lingkungan perang, dst) ternyata tak begitu mendapatkan tanggapan yang cukup smurf dari masyarakat sampai saat ini, sehingga dianggap perlu membangkitkan kenangan manis masa silam terhadap para smurf sebagai shock therapy.

Yare-yare...

Jadi ingat, belum sempat cerita, waktu di Aichi EXPO, setiap hari orang-orang tua muda nenek kakek sampai cucunya berkerumundi depan paviliun Palang Merah - Bulan Sabit Merah Internasional, membentuk antrian berliku 4-5 jam lebih di bawah terik matahari.
Penasaran, aku bertanya-tanya, apa yang ingin mereka lihat di dalam sana, sampai sedemikian rupa mengorbankan waktu dan tenaga? Ternyata para petugas penjaga pintu dan pengatur antriannya juga pada terkagum-kagum dengan fenomena ini. Di dalam hanya ada presentasi kegiatan + ( selama sekitar tujuh menit, berupa video dan slide show di langit-langit ruangan dan diiringi musik. Untuk menontonnya, orang-orang duduk setengah berbaring. Setelah itu, mereka diajak mengisi semacam kesan dan pesan. Pada bulan Mei-Juni, paviliun mungil ini nyaris kosong sama sekali! Tapi orang-orang yang sempat hadir sedemikian tersentuh bukan kepalang, uwaaah sampai menangis terharu tumpah ruah, bahkan ada yang berniat menghadiri lagi di kesempatan berikutnya... Sehingga terpromosikan dengan baik. Apalagi bulan-bulan terakhir, belum mencapai siang hari, jumlah pengantri sudah melebihi kapasitas ruangan untuk setiap pertunjukan sampai jam tutupnya.
Agak-agak tidak masuk akal. Kalau ingin menggugah hati yang tumpul, bukankah lebih menarik ikut berpartisipasi dalam kegiatan LSM di area sebelah, setidaknya lebih proaktif daripada sekedar bengong sekian lama di antrian sepanjang itu, ya gak sih?

Tapi memang begitu kali ya... Sedemikian pentingnya visualisasi di kehidupan masa kini.

Website Official Smurf

5 komentar:

ß mengatakan...

ß juga suka mensmurf semua smurf yang smurf.

cselvalva mengatakan...

WOOOOW Smurf!!

sa mengatakan...

smurf si makluk biru. :)
hai Hyoutan. lam kenal. met gabung dg blogfam. acc membernya sdh diaktifkan. ditunggu sapa nya di perkenalan ya.

viga mengatakan...

saya suka asterix....

Fortuna mengatakan...

once upon a time.. they used to call me smurf.. and I'm not blue at all... I'm black and dark... But I like these little blue creatures.. they speak funny.. and make me think! :)