Jumat, 28 Oktober 2005

Hana Yori Dango

Hana Yori Dango 「花より団子」, merupakan idiom yang diambil dari kegiatan hanami (memandang bunga di musim semi, terutama sakura), daripada membengongi bunganya lebih penting acara makan-makan dango (semacam bakso tusuk)nya.

Maksudnya, skala prioritas, daripada yang indah estetis masih lebih penting yang praktis bermanfaat.

hydscanoIstilah inilah yang dipelesetkan sebagai judul komik 「花より男子」 di mana kanji dan digantikan oleh otoko sehingga artinya lumayan bergeser menjadi kira-kira "anak cowok yang lebih indah (atau lebih dipentingkan?) daripada bunga" (aaaarghh!!?!)

Saya kurang suka gambar dan ceritanya, tapi kebetulan ilustrasi yang terinspirasi "Konjiki Yasha" cukup menawan hati.

Komik Hanadan ini mengetengahkan konflik antara seorang cewek keluarga cenderung miskin yang demi "masa depan" dipaksa ibunya pindah ke SMA swasta elit menghadapi satu geng berandalan sekolah kaya raya dengan nama ganjen "f4" alias flower four (tapi sama sekali gak disebutkan sebagai penggemar fantastic four yah)
hydshueisha
Walaupun ceritanya agak-agak maksa, jelas berhasil kehebatan promosinya. Sebenarnya komik ini baru tamat tahun lalu, setelah diperpanjang gak karuan dengan cerita gak penting dan walaupun musim silih berganti tokohnya gak pernah naik kelas, namun sudah sejak lama sukses diadaptasikan ke berbagai media...
  • voice image CDnya (zaman awal-awal terbit), dengan KIMUTAKU sebagai Hanazawa Rui; Deuuu Kimura Takuya di masa muda, bahkan jauh sebelum mendapat gelar singkatan kimutaku gitu loh...
  • film sinetron televisi singkat yang rada-rada norak satu episode di tahun 1995 (satu dekade lalu bow) dengan sedikit perubahan alur: mereka naik umur jadi mahasiswa, Shizuka menjadi putri yang fasih English sementara tujuannya bukan Paris tapi Amrik, dan pentolan geng si Domyoji melatih anjingnya dengan handal, padahal menurut komik, orang satu ini sama sekali gak berani menyentuh hewan apalagi memeliharanya. Dengan pemeran Uchida Yuki, Tanihara Shosuke dan Fujiki Naohito (akhir-akhir ini beken di banyak film dan drama) hihihi udah pada tuek sekarang atuh ya.
  • film animasi (duh ini gak begitu tau, gak pernah nonton, kabarnya berakhir dengan penculikan oleh mantan tunangan untuk menikahkan kedua tokohnya...)
  • mendunia sejak beberapa tahun lalu berkat adaptasi Taiwannya, dengan pemeran amatiran tapi bersosok menjulang tampang boysband, tentu semua kenal sebagai... Meteor Garden. Walaupun pada episode-episode awal termasuk setia dengan komik aslinya, karena rating yang tinggi seAsia, diproduksi lagi berbagai episode tambahan dan musim kedua dengan cerita yang nyaris seluruhnya baru dan serasa merusak pembentukan karakter semula...
  • bahkan kabarnya sempat dibajak oleh sinetron indonesia pula yah? Apa judulnya, yang diperankan Leoni, Oje dan Brugman itu kan?
  • dorama musiman ala Jepang (akhirnya) untuk musim gugur kali ini, diputar sejak Oktober 21...
hydtbs
Mungkin karena terimbas kesuksesan Taiwan, Jepang gak mau kalah ikut-ikutan memproduksi lagi dorama Hanadan ini, yang setidaknya setia memasang latar belakang kehidupan SMA, namun dengan pemain utama yang, enggak banget deh:
hydgokusenMatsuJun + Ogu (pernah kompak di Gokusen1) sebagai Tsukasa dan Rui???
Si Ogu bolehlah rada jangkungan, tapi kayak gak pas berlagak cuek autis. Sementara si MatsuJun kan dulu justru membanggakan kemungilan dan sosok pendek sebagai piaraannya Koyuki di adaptasi komik KimiPe?

Entah kalau memang direncanakan karakterisasi yang berbeda, atau diyakini semua ketakserasian bisa dibenahi dengan akting tingkat tinggi, alur cerita yang lebih dimuluskan demi teringkas dalam satu musim, dengan penambahan detail baru (???), serta penataan artistik, tata ruang, busana dengan fashion sok kaya itu (argh). Plus, setidaknya ada Matsushima Nanako sebagai Tsubaki...
Tohoho sayang aku gak sempat (dan belum menyempatkan diri juga) untuk menonton lagi. Hari Jumat gitu loh.

Toka nantoka, menandakan bahwa selera manusia akan narasi memang segitu-gitu saja.

(Update: dramanya lumayan kompak, pantas ditonton, dengan skenario lebih mulus daripada manga. Dan wajah Doumyouji ketika mengeja Hemingway sebagai Aa-ming-yay bisa membuat sakit perut kegelian...)

1 komentar:

designani mengatakan...

wah..manga ini sampai membuat F4 terkenal...khikiki...blog yang jadi favorite saya....saya link...