Sabtu, 11 September 2004

Sennokami Kemerahan

Sama sekali tidak ada kaitannya dengan sembilan-sebelas.
Pengadilan DVD Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away), mengumumkan perdamaian hari ini. Demikian berita telegram yang diterima dari Kyoto Shinbun.

Ternyata sejak saat pertama kali beredar, terjadi keresahan masyarakat bahwa warna DVD terpancar kemerahan, tidak sesuai dengan di film bioskop yang merupakan sebuah "pencapaian warna" dalam sejarah animasi.

Yahaha, sumpah kaget, aku yang saking cintanya sudah menonton bioskop dan rela mengantri pada hari laut tahun 2002 lalu untuk membeli DVD sekaligus VHS aslinya, memutarnya lengkap dan berulang-ulang, tak tahu sama sekali kejadian ini.

Andaipun ada perasaan warnanya aneh ketika diputar di player berbeda (misalnya: antara tv, komputer dan playstation), tentu aku akan menganggap itu efek macrovision, atau bahkan disengaja seperti teknik Chris Doyle atau pewarnaan khas Amelie.

Tiga pengacara Kyoto (Kyoto gitu loh!) menuntut Walt Disney Japan sebagai penanggung jawab Buena Vista yang bertugas menerbitkan DVD/VHS seri animasi Ghibli, untuk menukar dengan DVD yang warnanya sesuai dengan film bioskop, atau mengganti rugi setiap orang pembeli sebesar 10000 yen (harga DVDnya sendiri sekitar 4000 yen, rasanya dulu saya beli 2500 dengan berbagai potongan harga COOP).

Kabarnya hari ini, sekitar dua tahun setelah insiden, tuntutan ditarik dengan syarat bahwa pihak Buena Vista harus mengakui kesalahan, dan untuk selanjutnya mencantumkan tanda "digitally remastered" pada film-film yang menggunakan teknologi digital. (Yah, lenyaplah buat aku sepuluhribu yen...)

Berikut beberapa referensi mengenai fenomena ini:

Kesan pertama: Hm, di hari peringatan sembilan sebelas, gitu lho! Apa para penegak hukum itu gak punya pekerjaan yang lebih penting?
Tapi, setelah aku renungkan kembali: Sebagai film peringkat teratas box office yang menyerap perhatian berbagai kalangan tua muda bahkan balita, dan sebuah sumber bisnis yang berlapis-lapis, tentu masalah ini patut mendapatkan penanganan yang suangaaaat suangatt serius....
Dan sebuah tantangan bagi para IT engineer terutama yang berkecimpung di bidang teknologi digitalisasi!!!
Razzle dazzle em, and they ll beg you for more...

NB:
Bagi yang belum tahu, Sennokami itu animasi adikarya Miyazaki Hayao, mengenai perjuangan anak sepuluh tahun yang tersasar di dunia makhluk halus asing penuh misteri. Film ini memenangkan Oscar tahun 2001. Semua orang Jepang (yang jelas, semua teman-teman selabku) menonton dan mengaguminya.

November nanti film terbaru Miyazaki (bukannya sudah pensiun?...) ハウルの動く城(Howl's moving Castle) akan diluncurkan, dengan pengisi suaranya Kimura Takuya sebagai Howl (waduh, Kimutaku gitu loh!).

Studio Ghibli punya musium di Mitaka. Rekan-rekan yang akan ke atau sedang di Jepang, jangan lupa mampir.

1 komentar:

cselvalva mengatakan...

Sen To chihiro.. berhubung gak liat di bioskopnya, gak tau deh kekurangannya. Liat VHSnya aja udah tersepona, liat DVDnya rasa perfect. Film animasi paling paling paling....mengagumkan.