Rabu, 13 Oktober 2004

Sports Konjou!

Undokai, kegiatan yang mirip-mirip pesta rakyat tanggal 17 Agustus di Indonesia. Asal-usul sebenarnya, adalah pelatihan olahraga yang diselenggarakan di sekolah marinir sejak tahun 7 Meiji (1874), namun beberapa dekade kemudian diadopsi oleh organisasi-organisasi kedaerahan sebagai festival, yang kini menjadi ajang kekeluargaan di sekolah, hari di mana orang tua mendukung pertumbuhan anaknya yang bertanding dengan rekan sebaya.
Undokai paling banyak diselenggarakan pada libur nasional yaitu Taiiku no Hi.
Tanggal ini ditetapkan dari upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 1966 tanggal 10 Oktober (kini digeser-geser setiap tahun demi mepermudah penyusunan rencana liburan), yang dipilih karena merupakan hari dengan nilai statistik probabilitas cerah tertinggi dalam catatan cuaca di seluruh Jepang.

Dalam undokai semacam ini, dilihat dari umumnya regu yang dipertandingkan hanya terbagi dua, Merah dan Putih (Akagumi dan Shirogumi), sebenarnya tidak terlalu dipentingkan menang dan kalah, tujuan utama hanya kemeriahan suasana. Tapi ternyata tak berarti melunturkan semangat bersaing dalam masyarakat Jepang, memperhatikan banyaknya manga dan film bertema sports konjou alias supokon.

Manga terkenal yang telah dianimasikan, di antaranya:
  • Ashita no Jou, cerita tinju profesional mengharukan, diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan judul Boy Action II, merupakan juga sebuah kritik sosial terhadap kondisi anak-anak terlantar di daerah kota besar. Moeta... Moetsukita... Masshiro na hai ni...
  • Komik-komik karya Adachi Mitsuru, mengenai berbagai kisah cinta remaja yang terlarut dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga serius: baseball (Touch, H2), renang (Rough), dan yang kini sedang terbit mengenai tinju (KATSU!).
  • Ace wo Nerae, komik tahun 1970an mengenai persaingan tenis SMA, dibuat lagi dramanya awal tahun 2004 ini dengan pemeran Ueto Aya.
  • Kapten Tsubasa
  • Slam Dunk, basket basket basket... Musim panas kemarin ini penjualan tankoubonnya telah mencapai angka seratus juta, para penggemar bisa merayakannya di situs ini.

Film layar lebar yang patut direkomendasikan:

  
 

Tidak ada komentar: