Senin, 26 Desember 2005

Saiyuuki Backpackers: Recycled

西遊記 Xī Yóu Jì alias Saiyuuki, artinya Perjalanan ke Barat, adalah epik Cina abad 16 dengan tokoh Raja Kera SunWuKong alias SonGoKuu (孫悟空) dan kawan-kawannya menemani guru mereka, seorang pendeta Buddha, melakukan ziarah ke India untuk mencari kitab-kitab Sutra.


Kisah ini, terkenal sebagai satu dari empat karya termahsyur Cina, adalah bentuk fiksi dari pengalaman pendeta sungguhan, mungkin dibuat sebagai sindiran kepada pemerintahan Cina masa itu, sementara tokoh Raja Kera diilhami oleh tokoh dalam Ramayana, Hanuman.
Selanjutnya, entah mengapa, di Jepang kisah ini menjadi sangat merakyat, lebih tenar dari Ramayana itu sendiri.
Osamu Tezuka menampilkan serial sang raja kera di antara deretan kisah legenda dan sejarah yang beliau angkat.
Patalliro si raja gag dalam sebuah serial panjang gag manga yang tenar sejak tahun 70an, juga gak mau kalah dengan memunculkan versinya sendiri, パタリロ西遊記 yang tahun ini dianimasikan segala.
Ada juga anime lain yang menyadap tokoh cerita ini, 幻想魔伝最遊記 (Gensomaden Saiyuki, aku belum pernah nonton sih) tapi huruf Sai "Barat" nya diganti menjadi "Ekstrim".

Yang paling berkesan adalah ketika "disadur bebas" menjadi gebrakan manga akhir abad 20 kesayanganku, Dragonball Z dari Jump Comics.



Dan gak bosan-bosannya, di awal 2006 nanti, pada primetime Senin pula, Fuji terebi akan menayangkan versi dorama Saiyuuki diperankan Katori Shingo sebagai Songoku... Penasaran juga kan, bagaimana cerita yang sedemikian panjang di sinetron Cina dirangkum dalam kerangka drama musiman Jepang?

Jadi membahas ini, karena dalam Perjalanan ke Barat versiku, ada satu jepretan yang membuat terkenang pada karya di atas...
Posted by HelloHihihi, gak nyambung kah?


Tidak ada komentar: