Kamis, 17 September 2009

Bualan sang Buaya Muara

Semakin marak saja akhir-akhir ini gerakan cicak lawan buaya...

cicak buaya Duh, kasihan, kena salah kaprah lagi makhluk satu ini, kembali disebut-sebut sebagai istilah yang penuh huru-hara...
Walaupun setelah itu muncul pula Godzilla, entahlah apakah mereka tahu atau tidak bahwa godzilla = gorila + kujira (paus).

Quis custodiet ipsos custodes?

Padahal seharusnya nama baik buaya sudah pulih berkat kampanye Steve Irwin... Sayangnya beliau tewas tiga tahun yang lalu, justru oleh ikan pari, sama sekali bukan seekor buaya pun (huhuhu hu hu kayaknya dulu mendengar kabar kematian beliau jauh lebih sedih daripada waktu Heathy atau MJ)...

dilarang melempar buaya dengan benda apa pun

Walaupun dalam fabel-fabel kuno terlecehkan sebagai makhluk lugu yang mudah tertipu oleh musuh bebuyutannya, si kancil yang cerdik, buaya tetap saja harus tabah diibaratkan sebagai pendusta...

Lelaki Buaya Darat, apa ada hubungannya dengan peristiwa G30SPKI, Lubang Buaya dan Angkatan Darat?
Di Flores, Buaya Darat merujuk kepada Komodo si Reptil Purba.
Mungkin karena dekat dengan makna lintah darat penghisap darah, pemamah daging, predator sigap, sampai menjadi istilah untuk playboy gombal.
penangkaran buaya buaya muara

Tentu juga terkait istilah yang sering dipakai dalam syair-syair kuno, Air Mata Buaya: karena sebagaimana reptil umumnya, bisa meleleh tanpa rasa sedih, sehabis memangsa dengan kejamnya. Tapi kan buaya tak pernah bermaksud menipu, lah air matanya keluar secara alami untuk membersihkan bola mata, kok diprotes...
Trivia lain adalah bahwa jenis kelamin buaya ditentukan oleh faktor suhu lingkungan. Hanya suhu tertentu saja yang akan menghasilkan buaya jantan, lebih rendah atau lebih tinggi dari itu akan menghasilkan buaya betina... halah...
Lalu kenapa harus Buaya Darat? Buaya Muara di Kalimantan ternyata pernah menggemparkan dengan peristiwa menelan manusia. Dalam penangkaran mereka dikembangbiakkan dengan perbandingan 1 jantan : 4 betina. Jika demikian bisalah orang poligini dihina dengan istilah "buaya muara" sekalian...

rotibuayaPadahal menurut sudut pandang lain, secara biologis buaya boleh dikatakan termasuk salah satu jenis hewan paling setia di muka bumi, tidak berganti-ganti pasangan... Makanya di beberapa daerah seperti di sekitar Betawi, roti buaya dipakai sebagai seserahan nikah, perlambang kesetiaan pengantin seumur hidup (walaupun di rumah saya roti buaya malah biasa dimakan sebagai hidangan ulang tahunan, kuhahaha).

Yang agak bagus paling-paling istilah Lidah Buaya: Sementara lidah reptil umumnya diasosiasikan kepada lidah bercabang, lidah beracun, lidah yang mengucapkan kata-kata bohong atau kejam, namun lidah buaya dalam bahasa Indonesia malah menjadi istilah bagi tumbuhan yang sangat bergizi bagi kesehatan kulit dan rambut, aloe vera, walaupun bentuknya lebih mirip ekor buaya daripada lidah buaya asli.

Yang jelas, contoh teladan memperlakukan perempuan secara setara di dunia One Piece ternyata adalah Sir Crocodile alias Mr Zero sang manusia pasir.
Cobalah bandingkan: dari kesembilan kru bajak laut Topi Jerami (Mugiwara Kaizokudan) ada dua perempuan (Nami dan Robin), dari Tujuh Panglima Laut (Ouka Shichibukai) hanya ada Boa Hancock, dari Empat Kaisar (Yonkou) pun hanya ada satu perempuan lagi, bahkan di antara ketiga Laksamana Angkatan Laut (Kaigun Saikyou Kyouryoku) dan lima Tetua Bintang (Gorousei) semua lelaki; sementara di dalam struktur organisasi kriminal rahasia Baroque Works milik Crocodile, hampir setiap agen pasti punya mitra lawan jenis masing-masing (kecuali Bentham alias Mr2 Bon Kurei yang waria mengganda sendirian). Apa pun tujuannya memasang-masangkan sedemikian rupa, betul-betul Croc menghargai potensi perempuan! p(^o^)q

crocoboy(Maaf kalau ngelantur, kebetulan selama rentang waktu April-September ini hampir setiap minggu memang kasuat-suat terus dengan kembalinya si keren Crocoboy ke kancah pertarungan One Piece, kali ini tampil sebagai sekutu tak terduga Luffy bersama Badut Buggy, Raja Waria Ivankov dan Manusia Hiu Jinbei... Iyeeei~!)

Oh iya sepatu crocs buruk rupa yang sering bikin celaka itu kabarnya mau bangkrut ya, sejak obral besar-besaran sekitar hari Kartini lalu? Tapi kelihatannya masih banyak dijual di tempat-tempat tertentu. Kalau memang benar akan berhenti produksi, saya mau juga satu...

Kuha ha ha ha ha ternyata lumayan sering blog bambumuda membahas makhluk melata berdarah dingin:
Ular, Kodok, Kura-kura, Bunglon, apa lagi ya...


P.S. (Seurieus mode off)
Ngomong-ngomong soal emansipasi dan hari Kartini, kebetulan berdekatan pada 21 April lalu, saya mendapat kabar seorang teman gugur lagi pada saat berjuang melahirkan, padahal saat kehamilannya, yang kedua pula, tampak sehat tidak ada keluhan yang berarti. Inna lillaahi wa inna ilaihi raajiuun.

Memang sudah bergema tudingan beberapa pengamat ahli, bahwa sepantasnya yang diperingati sebagai Hari Kartini bukanlah hari lahirnya 21 April, melainkan 17 September, hari wafatnya putri Indonesia tersebut pada usia 25 tahun lebih sedikit, setelah melahirkan putra pertama. Hal ini untuk mengingatkan kita selalu, betapa melahirkan itu mempunyai risiko kematian, sehingga kesehatan ibu hamil dan melahirkan mendapatkan perhatian khusus, dan agar kaum lelaki juga bersiap mengambil peran lebih besar melakukan langkah-langkah tertentu demi menjaga keselamatan istri, putri, dan perempuan di sekitar mereka.

buayamuarasamarinda

23 komentar:

pradinisugiharto mengatakan...

hahahaha.. kocak bgt sih post ini. bikin ketawaw2 sendiri.. :) asalamualaikum, semoga sukses di Jepang ya.

Umar Said mengatakan...

Dalam kerangka emansipasi, perempuan sendiri ingin ditempatkan dan diperlakukan seperti apa ya?

rena puspa mengatakan...

waduuuhhh g nyangka kmu ternyata peneliti buaya.....apa krn pernah dikadalin ama buaya darat........kkkkk.....aku mah kasian ama buayanya kagak ngerti apa2 ko dihubung2kan ama konotasi jelek nyak....

Dina Mardhiana mengatakan...

wkwkwkwk .. good lah .. :-) seperti rantai makanan .. nyambung menyambung, mulai dari Crocodillus parosus a.k.a buaya muara, trus ke one piece, trus, ke kartini .. btw,ga usah ditanya mau perempuan apa? nt para cowo2 pusing ndiri coz nanya mau kita apa .. ?? apa ya?? kalo d tny maunya apa kaya gmnna gt .. mendingan kasi perhatian,ga belanja aja tuh mata liat yg kinclong dikit,n ga bokis wae ...

Kanti mengatakan...

@ umar: mau tahu sebuah rahasia? (bisik-bisik: mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan... ;p )

Kanti mengatakan...

@ rena: blog aku emang banyak diisi reptilia... kura2, bunglon, ular, kodok. buaya hanya salah satunya.
kenapa pak polisi ngaku2 buaya tentu karena mereka ngerasa buaya itu keren. seperti Sir Croc di One Piece lah.
nah kalau cicak, jelas bermanfaat menangkap nyamuk. ...
tapi soal kerenan mana cicak sama buaya, wah susah deh memutuskannya... ;p

Umar Said mengatakan...

@kanti: hm... lalu gimana cara membuat mereka bahagia ya?

Dina Mardhiana mengatakan...

katanya ya..intinya perempuan butuh perhatian,cowok butuh pengertian .. katanyaa ...

Irmayanti Nugraha mengatakan...

kenapa hari kartini, bukan hari nyi ageng serang, atau hari christina tiahahu, atau hari cut nyak din?

Kanti mengatakan...

@ umar: itu sih kasus per kasus... secara umum bisa ditanya ke Dina tuh...

@ dina: jadi kalau diterjemahkan, cowo ga usah diperhatikan, cukup dimengerti saja. sebaliknya sesungguhnya cewe ga perlu dimengerti, asal udah diperhatikan mah. ADA band salah lirik dong ;p

@ irma: itu sih biasa, seperti juga kenapa newton yg disebut2 sebagai penemu teori gravitasi.

Irmayanti Nugraha mengatakan...

memangnya siapa si newton itu?

sawung mengatakan...

kanti foto terakhir posenya mirp buaya dipatung.

ps: saya mah lebih suka bukan hari kartini tapi hari dewi sartika

Dina Mardhiana mengatakan...

kenapa hari kartini,karena kartini katanya banyak pertanyaan mempertanyakan nasib perempuan saat itu .. masih jahiliyah ceritanya,cuma buat kesenangan cowok,produksi anak,dll tapi,ga boleh pinter,karena cowok2 tuch sangat takut cewek2 jadi pinter .. nt ketahuan duehh bokisnya cowok2! dan ego ga mau dikalahkan cewek yg dia anggap levelnya di bawahnya .. tapi..jgn kebablasan jg siy mengartikan emansipasi ..;-)

Kanti mengatakan...

@ sawung: tentu! aku kan muridnya bunglon, kadang2 bisa juga jadi mirip buaya ;p

@ irma: itulah, ngga tahu juga deh... kalau newgate whitebeard, itu baru saya tahu... ;p

@ dina: ah itu mah nasib perempuan priyayi jawa saja. ;p

Dina Mardhiana mengatakan...

ga salah jg ada band,krn wanita butuh dimengerti ingin cowoknya perhatian,ga hobi belanja matanya,ga bokis .. kalo cowok,pgn dimengerti hobinya,kalo lg fokus pgn dimengerti kita ksh waktu buat dia autis, hkhkhk .. bener ga tuh buat para cowok2 ?

btw,soal ADA band .. pernah baca di koran,awalnya judulnya karena wanita sulit dimengerti ,tp,karena softex mw sponsorin jadi diganti .. Nah,kan awalnya sulit dimengerti,karena yg menciptakan lirik teh cowok,yg dia aja pengennya dimengerti..jd aja keluar di kepalanya tuch dimengerti,qkqkqk

Umar Said mengatakan...

Hm... gimana mo ngasih perhatian kalo gak ngerti ya? Coba, ntar dikasih ini salah dikasih itu salah. :)

Dina Mardhiana mengatakan...

@umar : sering cowok suka masukin di pikiran omongan cewek yg suka cuma maksud nyeplos aja. ga smua ucapan cewek itu harus dipikirin solusinya,dijawab semua..kadang2 ya cuma pgn didengar,diperhatiin dan ditanggapin aja .. emang beda siy ya pikiran cowok ..

atau kalo ceweknya bnyak tingkah,kemungkinan karena nyari perhatian,kurang diperhatikan kalee ... cewek jg harus ngerti cowok kdg2 pgn di dunia nya sndiri .. sama2 saling instropeksi diri aja lah ya..ga ada masing2 yg benar dan salah .. smua dari 2 pihak kok

Irmayanti Nugraha mengatakan...

hm... perempuan yang pahlawan nasional dari betawi siapa sih?

Kanti mengatakan...

@ cewe2: laporan Times.Com "what women want" http://bit.ly/1lCaY2
taut dari rini, silakan direnungkan
http://www.time.com/time/specials/packages/0,28757,1930277,00.html

Dina Mardhiana mengatakan...

@ kanti: pernah baca jg tuh di koran,cara marketing menghadapi customer,perlu nonton film what women want..karena customer mirip women,hahahahaw

Kanti mengatakan...

@ umar: hihihi pasti pengalaman punya cewe yg hormon2nya ga stabil ya? dalam keadaan kayak gitu paling sip adalah ngasih JERUK PERAS. dijamin kembali anteng ;p

@ dina: filmnya mel gibson mah cuma heboh2an doang... dan yah, demi meredam konsumerisme konsumtif mah justru yg kaya gitu ga usah dipikireeen... yg penting bukan keinginan, tapi kebutuhan darurat ajah lah

Kanti mengatakan...

@ irma: emang ga ada dari betawi? ya udah atuh irma aja proyeksikan sepuluh tahun ke depan masuk daftar tunggu buat 10 nov ;p

Umar Said mengatakan...

@dina: didengerin doang? gampang dong ya nyenengin cewek? :b
@kanti: ngasih tahunya telat... :)
@all wanita: wanita bekerja tuh motivasinya apa ya, mencari nafkah, aktualisasi diri, atau? kalau diminta (bukan disuruh lho) memilih antara bekerja seharian di luar atau berkumpul dengan anak di rumah, milih mana?