Senin, 09 Januari 2006

Januari

severusjan9
Penanggalan di dunia ini ditetapkan berdasarkan rotasi dan revolusi bumi terhadap benda-benda langit. Ilmu perbintangan seharusnya dikenal dengan baik oleh semua orang, setidaknya berhubungan dengan pemetaan, penunjuk arah. Namun saking langkanya ilmu itu malah pada terjerumus astrologi yang bukan-bukan.
Apalagi, penanggalan Masehi sampai sekarang masih berkaitan erat bukan dengan sistem kepercayaan Nasrani, melainkan justru Yunani-Romawi.
Untuk bulan Januari, yang berjaya adalah Janus, dewa gerbang dan pintu, sang awal dan sang akhir, sang alpha dan sang omega, yang mempunyai dua wajah: Apollo dan Dionysos.

Makanya, ketimbang merayakan Tahun Baru kali ini lebih tepat mengucapkan selamat Idul Adha kepada para kambing-kambing gunung (capricorn) yang mungkin disembelih...?

Walaupun, berdasarkan Quran juga tanda-tanda alam itu memang diyakini ada, dan mempertimbangkan kaitan dna (???) dengan gravitasi saya cukup percaya kalau generalisasi sifat manusia itu sebagian berkaitan dengan tanggal lahir.

Nah maka dengan memanfaatkan dua wajah yang bertolak belakang tersebut, di Januari bermunculan para pendongeng handal lah ya:

John Ronald Reuel Tolkien (penulis Lord-ofthe-Rings geto)...
salah seorang Grimms brother (yang mana lupa),
AA Milne (Winnie the Pooh),
Charles Perrault (mother goose, puss in boots),
Lewis Carroll (Alice in the Wonderland)...

Yang sok ngelmiah ada Stephen Hawking.
Karel Capek, dramawan Cheko yang pertama kali mempopulerkan istilah ROBOT...
Louis Braille bahkan menciptakan huruf timbul agar orang buta juga bisa baca tulis.

Murakami Haruki, Mishima Yukio (hieee...)
Virginia Woolf, Kahlil Gibran, JD Salinger (catcher in the rye), Umberto Eco (il nome della rosa), Edgar Allan Poe (the raven)...
Judith Krantz (gak pernah baca sih, tapi zaman SMP suka sama lagu soundtrack di miniserinya Till We Meet Again... gak nyambung yah?)

RF Outcault, pelopor komik strip, pengarang The Yellow Kid yang menimbulkan istilah Yellow Journalism.
Di jalur manga ada Oda Eiichiro (One Piece, tentunya) serta
Urasawa Naoki (Yawara, Monster, Pluto, 20th Century Boys);

Urusan film: Rowan Atkinson alias si Mr.Bean. Kan dia mengarang skenarionya sendiri.

Dannn untuk anime ada Miyazaki Hayao (studio Ghibli) sang sutradara, penulis skenario sekaligus penggambar karakter yang beberapa hari lalu berusia 65 tahun, dan masih ada tanda-tanda bakal kembali menggebrak setelah beberapa kali pengumuman pensiun.

Yang fiktif juga ada: Hmmm, Tintin sang wartawan muda, yang besok berusia 77 (tahun terakhir dia boleh membaca kisahnya sendiri). Lalu itu si Laguna Loire di FFVIII juga wartawan.

Heuheu Severus Snape bukan penulis yah, tapi kan tokoh ini digambarkan cukup pakar dalam menjelaskan ilmu kimia farmasi lewat barisan puisiiiii...

Toiukotode, omedetou.

Tidak ada komentar: