Sabtu, 21 Januari 2006

FAQ Bidadari Merah

Sebagai salah satu neverending story manga yang cukup fenomenal, saya sudah pernah membahas dalam bambumuda: FAQ Topeng Kaca (yang owtch, menjadi posting paling laris di blog saya selama setahun kemarin! Setiap saat pasti ada saja yang mengakses... Masih tenar ternyata komik ini).

Maka inilah info terbaru: Sang pengarang, Miuchi Suzue sedang terlibat menyutradarai proyek spesial: Pentas Noh Bidadari Merah, live action!!!

nohgarakameAkan diselenggarakan pada

Hari/tanggal :
@ Jumat, 24 Februari 2006
---jam 13.00 dan jam 6.30,
@ Sabtu, 25 Februari 2006
---jam 13.00

Tempat :
Kokuritsu Nourakudou,
Tokyo-to Shibuya-ku
Sendagaya 4-18-1

Sejak 9 Januari, tiket sudah dapat dipesan lewat telepon
(+81)-570-03-3333,
jam 10 pagi - jam 3 sore.


tennyodukaInilah kesempatan Miuchi Suzue mewujudkan idealismenya mengenai kehidupan panggung yang selama ini tertuang di atas lembaran kertas ke dunia nyata panggung dengan diperankan oleh manusia sungguhan.
Maka tentu gerakan ini patut didukung sebagai salah satu studi banding beliau demi dapat melanjutkan karya yang telah lama terkatung-katung ini; usaha untuk membuktikan segala teori Ketuhanan yang selama ini beliau rumuskan dalam komik dan beliau ceramahkan berkeliling selama jeda penerbitan yang menahun.

rokuroMelihat dokumentasinya, secara artistik busana yang disiapkan memang mewah.
Tapi… tralala trilili trululu, yang berperan sebagai Bidadari Merah, KAKEK-KAKEK bow!!!
Seorang seniman profesional Noh, bernama Umewaka Rokuro.

Aslinya Noh yang adatnya mengakar kuat di Jepang, memang gak ada tuh pemeran perempuan. Lha, jadi, pentas Bidadari Merah yang sesuai dengan komik, yang diperankan oleh ibu Tsukikage Chigusa (a.k.a Mayuko) itu, bentuknya apa dong kalau bukan Noh? Yahahahaha pasti ini problematika posmodernisme dah, gubrag.

plummerahGarakame memang telah mengalami lintas generasi yang cukup drastis:
Berawal dari masa di mana komunikasi dengan telepon umum masih digambarkan secara romantis, sampai ketika kini tokohnya bertelepon genggam, yang ada kamera dan gps pula:
Berawal dari masa di mana norma-norma sosial masih cukup dipegang teguh, sampai ke masa di mana tema perselingkuhan yang dibanggakan atas nama cinta, pertunangan yang dibatalkan, atau kabur dari altar pernikahan ala The Graduate-nya Dustin Hoffmann, semua menyampah di novel, komik, film, dan dorama musiman Juni atau Desember... di mana kebimbangan salah seorang tokoh bahwa "ceweknya 11 tahun lebih muda" itu, selain hanya mengulang romantika Genji, sesungguhnya sama sekali tidak revolusioner dibandingkan kisah manga lainnya, yang menampilkan cewek dewasa berpasangan dengan cowok seumuran SD, dan seterusnya.

Bagi penggemar yang masih penasaran atau berniat mengumpulkan gambarnya, sila mengakses dan download langsung dari situs resminya, Olive-no-happa (Daun Zaitun).
Oya, bahkan ada character goods Hello Kitty Garakame version segala! Yare-yare, apa saja lah asal bisa dijual.

Juga ada rubrik baru wawancara, penggemar dapat mengirimkan berbagai pertanyaan untuk masing-masing tokoh komik, atau sang pengarang sendiri (selama BUKAN mengenai kapan lanjutannya terbit, soal itu sih gak bakal dijawab, pasrah saja lah hay):
Beberapa masalah gak penting yang sudah dijawab, antara lain...

Tanya: Apakah rambut pirang Ayumi-san dicat? Soalnya saya juga mengecat rambut pirang.
Ayumi: Apakah terlihat pirang? Sebenarnya bukan pirang, melainkan coklat pucat. Ini warna rambut asli, tapi kadang-kadang saya mewarnai juga, untuk perawatan saya serahkan ke salon. Rambut kamu pirang? Pasti bagus yaaa.
(nb: jadi ingat di komik CH, si Saeba Ryo protes terhadap generasi muda Jepang yang rambutnya warna-warni ala komik, kalau dia sih setia sama hitam... red)

Tanya: Dari komik, Hayami-san terlihat sebagai perokok berat yah. Saya paham kalau pekerjaan dan gaya hidup anda menimbulkan stress yang cukup berat. Namun, demi para pembaca penggemar anda, demi tunangan yang bertubuh lemah, dan demi orang yang anda dukung seumur hidup secara diam-diam dari balik layar, apakah tidak ada rencana untuk mengurangi jumlah batang yang dihisap?
Masumi: Terima kasih atas kekhawatirannya. Anda berbicara seperti Mizuki-kun, sekertaris saya saja.
Yah dulu sih bahkan cerutu pun pernah saya hisap, tapi akhir-akhir ini saya usahakan untuk tidak melakukannya lagi. Dan tidakkah anda perhatikan, kalau sejak jilid 30 saya telah mengurangi rokok? Hanya saja memang di akhir jilid 42, saya perlu merokok lagi untuk menenangkan hati...


Selain itu ada jawaban tentang gaun hitam Tsukikage sensei, kemajuan Genzo sebagai pemeran panggung, di mana mawar ungu bisa diperoleh, nama kecil sekertaris Mizuki, asal-usul dan keadaan keluarga Rei, nasib Norie yang menjerumuskan Maya di kisah lalu, dan lain-lain... Lumayan menghibur lah.

Olive no Happa / Daun Zaitun



8 komentar:

ulya zulmadjdi mengatakan...

Kanti, kebetulan lagi lewat, abis senyam-senyum baca si urup pe dan ep, baca tentang topeng kaca. Waaah, suka juga ya? eh eh eh...si topeng kaca yang judulnya bidadari merah no.8 udah terbit belum sii? hiks, dari dulu nungguin ngga muncul2, so ane kira memang si penulis sengaja ngga mau bikin buku terakhirnya, biar pembaca pada penasaran. Kalo ada info ttg buku ke-8 ini, let me know yah. Really appreciate.

thanks! keep on blogging ^_~

Hyoutan mengatakan...

Lho mengenai itu kan seperti dibilang di atas tadi, sudah dijelaskan di postingan tahun lalu FAQ Topeng Kaca
Apakah isi blognya sulit terbaca dengan seksama?

Apalagi yang nomer 8 alias nomer 41 sih sudah terbit sejak desember 1998 lalu, diterjemahkan di indonesia mungkin tahun 2000an.

Yang terakhir terbit nomer 42 alias nomer 9 (sub-bab aslinya di jepang sih futari-no-akoya, kedua akoya nomer 1) desember 2004, sudah terbit juga di indonesia tahun lalu.
-kT

Eve Fachbrizky mengatakan...

Hi, Kanti. salam kenal ya..
I'm also fan of this never ending story of Topeng Kaca dan baru tau juga kalo bidadari merah nya dah dikeluarin lagi yg ke-9, sory banget nih ketinggalan info2 nya habis sudah terlalu lama menunggu sampe bosennnnnn tapi thanks yah setelah liat site ini jadi tau kalo si 'Suzue Miuchi' itu ngga mati melainkan menghilang & vacum cukup lama.

oh ya btw mo tanya juga untuk bidadari merah no.9 ini apa sudah tamat atau akan masih ada lagi lanjutannya dan membuat kita harus tunggu lebih lama lagi hanya untuk membaca akhir dari cerita ini ? kalo ada info apapun yang kamu tahu mengenai komik ini, please share the info with me. I will appreciated your info and hopefully we can be friends through this comic.

-Arigatou-

Hyoutan mengatakan...

Pertanyaannya masih itu lagi? Kayaknya semua sudah terangkum di FAQ Topeng Kaca. Silakan baca dengan teliti.
Kalau ada yang tidak jelas, boleh ditanya secara lebih khusus.

fathskie mengatakan...

Hehe, lucu sekali baca potongan interview with the characters nya.. Tp sayang kalau dibuka di komputer saya (di Indo), Olive-no-happa-nya tak bisa dipahami..

Sayang sekali yah, padahal tampak sangat menarik ^o^

cheerish mengatakan...

akhirnya!! bisa pakai http://babelfish.altavista.com/ untuk menerjemahkannya

thesso mengatakan...

duli kalo gak salah titi kamal pernah bilang pengarang bidadari merah dah mati bener gak????

Kanti mengatakan...

silakan cek info terbaru di
http://bambumuda.blogspot.com/search/label/x topeng kaca