Selasa, 29 Maret 2005

Marimo a Zoro

marimoCladophora aegagropila alias marimo 「鞠藻」, terdaftar sebagai perbendaharaan negara Jepang sejak 29 Maret 1921, adalah koloni alga membulat yang berguling-guling di dasar Danau Akan, Hokkaido.
Hanya di tempat inilah marimo dapat tumbuh sampai 30 cm dalam sekitar tiga tahun. Keberadaannya sendiri diperkirakan sudah mencapai ribuan tahun.
marimosheetMarimo hanya dapat hidup dalam air jernih, dan punya kemampuan meningkatkan kadar oksigen dalam air dengan fotosintesisnya. Semakin menjadi benda yang dilindungi, marimo semakin diminati masyarakat. Tiga orang teman selabku memelihara marimo di dalam toples kaca, dan mengganti airnya setiap hari.

ainuSetiap tahun awal Oktober, pribumi Ainu dari berbagai daerah datang berkumpul ke sekitar danau Akan demi menyelenggarakan perayaan meriah bagi marimo selama tiga hari berturut-turut. Arak-arakan dengan obor, bernyanyi, menari, dan mengembalikan bola-bola hijau yang berada di luar ke danau ke tempat asalnya.

marimozoroWalaupun di komik One Piece pernah ada tokoh penjahat yang muncul dengan jurus-jurus elektrimarimo, tapi yang paling dikenal dengan julukan marimo tak lain tak bukan si rambut hijau Roronoa Zoro, pendekar berjurus santouryuu, tiga pedang (ala niten-ichiryuu Musashi plus) yang namanya diambil dari bajak laut Francois L'Ollonais dan jagoan pedang fiktif Zorro™.
Ultahnya juga sesuai dengan hari perayaan marimo, yaitu 10 Oktober.
mihawkDia termasuk tokoh yang tak kenal lelah berlatih, terdorong oleh cita-cita sejak kecil untuk meraih predikat terkuat, yang hanya bisa dicapai dengan mengalahkan si pedang baja hitam Dracuul Mihawk, salah seorang shichibukai.
Ia tidak memperoleh bantuan buah setan seperti beberapa rekannya, melainkan berusaha dengan tenaga sendiri.
zoroclapPemuda satu ini juga cukup berhasil membantah slogan
Men Don't Listen and Women Can't Read Maps: Ia penyimak yang penuh perhatian, tapi houkou onchi, selalu tersasar!
Sementara Nami, rekan perempuan di kelompok Topi Jerami, justru navigator handal kelas dunia.
Dan apa-apaan pakaian yang seperti kakek-kakek, kaos oblong katun putih berkancing, dengan haramaki wol hijau itu? Enggak banget.
Sepatu ceko, bandana hitam dan tiga jejer anting di telinga kirinya masih bolehlah.
zorogreenroronoazoro

Tidak ada komentar: