Selasa, 31 Oktober 2006

mBahJack dalam kotak ・びっくり箱

Jack-in-the-Box, kotak musik mainan yang kalau tutupnya dibuka, akan muncul boneka badut meloncat mengejutkan kita.

Menurut sebuah sumber yang tak dapat dipercaya, ternyata mainan satu ini punya sejarah berdarah juga, bahwa 'Jack' adalah istilah untuk budak kulit hitam, ketika melarikan diri, ditangkap ke dalam kotak. Anak-anak nakal akan menusuk-nusukkan kayu ke celahnya, mengganggu sang budak sehingga berteriak meloncat keluar kotak.
Nah karena penggambaran budak kulit hitam punya masalah politik, maka dalam produksi mainannya diganti dengan badut lucu.

Ngomong-ngomong soal hitam, istilah yang cukup populer, selain permainan kartu bernilai 21 dan alias untuk tokoh sejarah tertentu, yang teringat adalah Black Jack, manga mengenai Hazama Kuroo si "bajak dokter", adikarya Tezuka Osamu. Dilanjutkan oleh putra beliau, tayangan animasi versi abad 21-nya baru berakhir bulan lalu.




Kembali ke jack-in-the-box, Ada lagi teori bahwa yang meloncat ke luar kotak adalah kelinci liar (Jack and Jill up in the hill).

Mungkin juga berhubungan dengan kisah nabi Zakharia yang bersembunyi di batang pohon ketika dikejar tentara Romawi, namun justru sebaliknya beliau malah diam-diam saja tabah tak bersuara bahkan ketika batang pohon itu digergaji, dan tak jelas juga apakah mayat beliau terbelah dua atau lenyap begitu saja.

Kenangan pribadi yang menyeramkan tentang Jack ini bukan pada kejutannya yang membuat jantung copot, melainkan ketika kecil membaca salah satu dongeng H.C. Andersen, ketika si Jack ini cemburu dan berusaha menghalangi kisah cinta Prajurit Timah pemberani berkaki satu dengan sang Balerina pujaannya.

jackschellingtonNgomong-ngomong soal seram, ternyata Jack-o-Lantern yang dipakai untuk hiasan lentera Haloween ternyata aslinya bukan dari labu, melainkan seharusnya dari lobak, dihubung-hubungkan dengan orang suci yang berhasil menangkap setan ke dalam sepatu bot, yah seperti pemburu hantu menangkap jin ke dalam botol pet.
Jack-o-lantern itu sendiri aslinya adalah sebutan untuk ignis fatuus, yang istilah lainnya foxfire, dan juga kebetulan FireFox2 sudah dirilis dua minggu lalu.

chiisanahakoKalau ini kebetulan yang lebih gak nyambung lagi: Termasuk jajaran buku terlaris minggu ini (diluar Nodame dan DN) adalah jibunno chiisana hako kara dasshutsu suru houho (cara keluar dari kotak kecil berupa diri sendiri), yang baru diterjemahkan dari buku Leadership and Self Deception: Getting Out of the Box oleh Arbinger Institute.

Dan ngomong-ngomong soal kotak, ganti ke soal tabung...
Beberapa hari sebelum lebaran kemarin, pihak media massa Jepang menuntut YouTube menghapus banyak tayangan bajakan yang melanggar hak cipta...
Hasilnya, video-video kegemaran, terutama parodi mBahJack tercerabut juga, dan balik dari liburan aku hanya bisa ternganga...
Et tu, YouTube?

jacksparrowintheboxLalu apa hubungannya antara Jack-in-the-box, Jack-o-lantern, Black Jack dan mBahJack Sparrow?
Entahlah.
Cuma kebetulan "bikkuribako" menjadi judul episode OP terbaru yang isinya memang mengejutkan, secara bertepatan tanggal Haloween, dan secara mBahJack adalah sesama pembajak yang baru dapat tempat di kotak kejutan berbentuk tong kayu.

Gaaah, yang jelas aku sedang perlu membahjack internet lagi.

Tidak ada komentar: