Jumat, 01 April 2005

Poisson d Avril

Agak aneh juga menemukan ada yang menggoogle "sejarah April mop" sampai ke blog saya... Salah mencari saja mungkin, karena menggunakan kata kunci dalam bahasa Indonesia yah mana ketemu. Tapi kini saya coba buat sekalian.

Walaupun orang Jepang menyesuaikan diri dengan kebudayaan mendunia dalam merayakan tahun baru, namun tetap saja Satu April di Jepang, menandai awal dari tahun ajaran baru, tahun pembukuan finansial baru, hari pertama masuk sekolah, hari pertama masuk kerja. Satu April adalah saat paling berbahagia menapaki babak baru kehidupan, atau saat paling sengsara karena gagal mencapainya.

Pada suatu masa, Satu April juga dihargai sedemikian rupa di belahan bumi utara lainnya, karena di sana itu adalah saat menikmati awal musim semi sebagai suatu pertanda kelahiran baru, tonggak tahun baru.

Cerita punya cerita, ketika pada abad 16 masehi di Eropa dilaksanakan reformasi kalender (karena terjadi pergeseran tanggal yang cukup signifikan akibat tidak diperhitungkannya hari kabisat selama beberapa ratus tahun, kalau tidak salah) maka tahun baru yang mulanya dirayakan sekitar Vernal Equinox, titik balik matahari, sampai tanggal 1 April, diubah menjadi sekitar perihelium matahari, tanggal 1 Januari.

Namun dalam rentang waktu sampai ratusan tahun, banyak daerah yang tidak mendapat berita mengenai pergantian tanggal tersebut, belum berhasil menyesuaikan rutinitas hidup tahunan, atau bahkan sengaja menolak untuk menurutinya. Mereka yang masih tetap menyelenggarakan perayaan Tahun Baru tanggal 1 April pun dijuluki sebagai "fools", menjadi sasaran ejekan, ledekan, hinaan.
Dan perlahan-lahan kegiatan yang sesungguhnya tergolong SARA itu berkembang menjadi perayaan kelucuan dan kekonyolan, menempelkan tulisan-tulisan di punggung orang, menyebarkan berita bohong kecil-kecilan, bahan tertawa sehat dan bersenang-senang.

Di dunia blog-blogan juga gak kalah heboh, seperti berita dari goblogmedia yang cukup mencengangkan atau dari mobilemusicblog yang membuat berpikir: "idih banget!" yahahahaha.

Tidak ada komentar: